Senin - Sabtu : 07.30 - 16.00 WIB

Masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim

Bangunan masjid yang paling besar di Venezuala ialah masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim. Bahkan juga masjid ini jadi masjid paling besar ke-2 yang ada di lokasi Amerika Latin yang sebelumnya di tempati oleh masjid Islamic Center King Fahd yang ada di Argentina. Masjid ini dibuat oleh sesorang dari Saudi Arabia yang bernama Sheikh Ibrahim Bin Abdul Aziz. Tidak bingung nama masjid ini sesuai nama orang yang membangunnya. Proses dibuatnya masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim diawali pada tahun 1989 serta usai di tahun 1993.

Saat usai dibuat, ada sebuah menara yang tinggi sekali memiliki ukuran 113 meter yang jadikan satu lambang dari kedatangan islam di tengahnya sebagian besar masyarakat non-muslim. Persisnya masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim ada di Caracas yang berdiri kuat serta megah bergaya Arabia. Tempat masjid ini ada di Distrik El Recreo Caracas. Masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim berdiri diatas tempat seluas 5000 m2 serta mengacu pada hasil perancangan dari arsitek Zuhe Fayez.

masjid al ibrahim

Tetapi sayangnya masjid paling besar di Venezuela ini sempat alami perihal yang jelek di mana beberapa penjarah masuk masjid ini serta merampok piranti computer masjid dan lakukan perusakan pada beberapa benda di masjid. Lalu beberapa pengurus masjid serta pemuka muslim ditempat mendesak pada pihak berkuasa supaya lebih memberi perlindungan pada bangunan tempat kaum muslim melaksanakan ibadah. Lebih peristiwa itu telah berulang berulang-kali.

Sejarah Pembangunan Masjid

Pembangunan masjid ini juga merupakan sumbangsih dari yayasan Ibrahim Bin Abdul Aziz Al-Ibrahim dari Kerajaan Saudi Arabia. Yayasan ini juga telah membangun beberapa masjid yang lain seperti masjid yang ada di Jerman, Italia serta Rusia dan di beberapa tempat yang lain.

Bangunan masjid ini begitu berlainan serta menonjol di antara bangunan yang lain terpenting di bagian kubahnya yang besar sekali. Megah serta besarnya masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim dapat menyimpan jamaah sampai 3500 jamaah sekaligus juga.

Seseorang arsitek bernama Oscar Bracho sudah sukses menghaislkan bangunan masjid yang demikian mengagumkan. Ia pula mendesain masjid ini dengan detil ditambah lagi beberapa ruangan serta sarana yang mendukung. Seperti ruangan pertemuan, ruang perpustakaan sampai sekolah Al-Qur’an.

Dilihat dari bangunannya, Masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim besar sekali dengan kubahnya yang memiliki ukuran besar ada di atap masjid. Didominasi dengan warna putih jadikan masjid ini tampak lebih mengagumkan. Ketakjuban masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim juga dapat dilihat saat masuk masjid ini. Terdpat lampu hias gantung yang besar sekali serta saat dinyalakan jadi sinar yang dikeluarkan berwarna warni.

interior masjid al ibrahim

Saat malam hari juga keindahan serta kemegahan dari masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim masih tetap tampak begitu jelas terpenting pada menaranya yang menjulang tinggi. Sebab dari sana pula tidak lepas dikasihkan pencahayaan hingga bangunan masjid Sheikh Ibrahim Al-Ibrahim bisa di nikmati tidak cuma pada siang hari saja tapi pada malam hari juga bisa memperlihatkan bagian kemegahan masjid itu.

Karenanya ada bangunan masjid ini mengisyaratkan satu keunikan dari terdapatnya kaum muslim di Venezuela. Walau begitu minoritas sebab 95% dari 20 juta penduduknya berpedoman Katholik tidak menurunkan kemauan beberapa muslim dari sana untuk masih menjaga kepercayaan mereka pada agama islam. Bahkan juga saat proses pembangunan masjid ini tetap mengundang perhatian tiap-tiap orang yang melewatinya. Mereka pula tetap bertanya kapan pembangunan ini usai. Bangunan masjid itu umumnya diketahui oleh masyarakat seputar menjadi gereja muslim.


error: Content is protected !!