Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Biaya Umroh Berapa Juta ?

Biaya Umroh Berapa Juta ?

Naik haji ke tanah suci Mekah bagi yang mampu menunaikannya dan ada biaya umroh dan haji adalah harapan dan mimpi, setiap orang muslim. oleh karena itu, banyak orang muslim berbondong-bondong pergi untuk menjalankan rukun Islam yang ke lima ini.

Namun, banyaknya yang ingin pergi, sementara jumlah pemberangkatan dibatasi, membuat beberapa orang harus bersabar menunggu giliran untuk dapat berangkat dengan segera. Selain itu, biaya haji yang terus meningkat setiap tahunnya, membuat beberapa orang juga harus menunda keinginannya.

Sedangkan bagi orang yang berkeinginan sekali pergi ke tanah suci, sementara biaya untuk haji belum cukup, maka banyak yang memutuskan untuk pergi umrah. Mungkin karena biaya umroh yang relatif lebih murah dibanding haji, menjadi alternatif agar dapat beribadah ke tanah suci.

Umrah sambil Berwisata, Boleh Nggak yah?

Memangnya boleh, umrah sambil berwisata? Mengapa tidak, iya gak? Selama waktu umrah, kita dapat mengikuti setiap ibadah yang wajib kita ikuti, mengapa tidak setelahnya kita berjalan-jalan di Mekah. Seperti telah di singgung sebelumnya. Semakin banyak orang muslim yang ingin pergi ke Mekah. Umrah menjadi pilihan yang banyak diminati di samping haji. Bukan hanya orang tua saja, tetapi juga anak muda, pasangan muda, atau keluarga.

Bahkan mereka tidak sungkan untuk menyebutkan sebagai alternatif istimewa berwisata ke luar negeri, dari pada pergi ke luar negeri untuk sekadar jalan-jalan yang belum jelas tujuannya atau sekadar shopping. Sementara biaya yang keluar tidak jauh beda, maka umrah di jadikan pilihan. Selain itu, dapat beribadah menambah pahala, dapat jalan-jalan juga di Mekah kalau sudah begini bukan hanya fisik saja yang menikmati wisatanya, tetapi juga hati dan batin ikut menikmatinya.

Jika, dulu musim libur, orang banyak yang lebih suka mengisi waktu liburnya dengan jalan-jalan ke mall, pantai, pegunungan, wisata kuliner, atau jalan-jalan ke luar negeri untuk shopping. Saat itu, bandar udara atau travel perjalanan wisata akan sangat ramai di kunjungi dan di pesan selama liburan berlangsung. Sekarang jangan heran, jika melihat Bandar udara sering di penuhi orang berseragam menggunakan pakaian muslim, lengkap dengan ID card di dadanya, mendorong troli atau menarik koper. Mereka juga di antar oleh beberapa orang terdekatnya. Mau ke mana yah tujuan mereka? Tak lain dan tak salah, mereka akan pergi berumrah.

Biaya Umroh

Mengapa banyak orang memilih untuk berangkat umrah terlebih dahulu sebelum menunaikan haji? Ada beberapa alasan tentunya dan mungkin salah satunya adalah biaya.

Biaya umroh tidak mencapai setengah dari biaya haji, sehingga dengan biaya yang tidak mahal itu orang dapat pergi ke Mekah dengan segera. Selain itu, mungkin dapat mengikutsertakan orang terdekatnya. Di samping itu, alasan lainnya mengapa banyak orang yang memilih umrah adalah sebagai berikut.

  1. Waktu umrah tidak di tentukan, seperti bulan haji yang harus bulan dhulhizah. Umrah dapat dilakukan di luar bulan haji atau bebas. Sehingga mereka dapat melakukannya, ketika sedang liburan atau sekalipun mengambil cuti, tidak akan terlalu lama.
  2. Waktu berada di tanah suci Mekah pun, tidak selama ketika waktu berhaji, umrah kurang lebih satu minggu saja.

Mungkin karena itu, mengapa biaya umroh bisa lebih murah. Hal ini juga membawa dampak positif kepada kemajuan travel pemberangkatan ibadah umrah, sehingga semakin semarak dan ramai saja. Mulai dari travel yang menyediakan fasilitas biasa saja atau standar, sampai dengan yang eksklusif.

Namun demikian, bukan berarti biaya umroh tidak mengalami peningkatan, setiap tahunnya biaya umroh juga meningkat sama dengan biaya haji. Hanya saja mungkin kenaikannya tidak begitu banyak. Buktinya masih saja banyak orang yang berminat untuk pergi umrah dan tampaknya travel pemberangkatan umrah juga selalu ramai.

Diketahui tiga tahun terakhir ini biaya umroh naik, hanya saja tidak mengalami kenaikan yang tinggi. Dari tahun 2010 sampai dengan 2012, biaya umroh tetap berkisar antara 10 juta sampai dengan 15 juta setiap orangnya. Ya, kalaupun ada kenaikan mungkin tidak akan sampai berlipat-lipat atau menyamai biaya haji, kalau sampai demikian mungkin orang akan menunggu untuk pergi haji saja.

Bahkan tak jarang mereka mempromosikan travelnya itu dengan mengajak beberapa nama artis atau selebritii untuk dapat pergi umrah juga, supaya dapat menarik konsumen, agar mau memakai travelnya. Selain dapat pergi umrah untuk beribadah, juga dapat bertemu dan pergi bareng artis. Dan, sepertinya hal itu cukup mujarab, untuk dapat mengajak banyak orang ikut berpartisipasi pergi beribadah.

Biaya umroh yang memang lebih murah dibanding biaya haji, untuk orang-orang tertentu bahkan menjadi perjalanan rutin yang dapat dilakukan lebih dari sekali. Tak jarang mereka berangkat sekeluarga.

Jika ibadah haji akan ramai di bulan dhulhijah, maka ibadah umrah tidak mengenal bulan. Ibadah umrah yang dapat dilakukan kapan saja itu, memberi keuntungan tersendiri bagi travel pemberangkatan, sehingga mereka mungkin jarang sepi. Hanya saja yang di sayangkan, ada beberapa orang yang dengan sengaja menunda pemberangkatan haji, padahal ia sudah mampu untuk berhaji secara materi, dan ia memilih untuk berumrah saja.

Tags:
error: Content is protected !!