Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Inilah Kubah Masjid dengan Teknologi Anti Bocor, Tak Perlu Khawatir Lagi!

Inilah Kubah Masjid dengan Teknologi Anti Bocor, Tak Perlu Khawatir Lagi!

Kubah Masjid Teknologi Anti Bocor – Sudah menjadi hal yang umum melihat kubah masjid yang bocor di musim hujan. Tak hanya membuat masjid menjadi kotor dan terkadang berbahaya, tetapi juga mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. Namun, kini ada solusi untuk masalah ini. Kubah Anti Bocor hadir dengan teknologi terbaru yang memungkinkan kubah tahan bocor dan mudah dibersihkan.

Tidak perlu lagi khawatir tentang masjid yang basah saat hujan turun atau biaya mahal untuk penggantian kubah. Dengan Kubah Anti Bocor, masjid akan tetap kering dan bersih sepanjang tahun. Simak penjelasan selengkapnya tentang teknologi ini dan kelebihannya dalam artikel ini.

Apa Itu Teknologi Anti Bocor pada Kubah Masjid?

kubah anti bocor

Kubah Masjid Anti Bocor adalah sebuah terobosan teknologi yang memungkinkan kubah masjid menjadi tidak lagi bocor saat musim hujan tiba. Teknologi anti bocor pada kubah masjid ini bekerja dengan cara mencegah air agar tidak masuk ke dalam kubah.

Teknologi anti bocor sendiri terdiri dari beberapa lapisan yang berfungsi untuk mencegah air bisa masuk ke dalam kubah. Lapisan tersebut terbuat dari bahan khusus yang tahan terhadap air.

Ketika hujan turun, air akan menyesuaikan dengan lapisan tersebut sehingga air tidak bisa mengalir masuk ke dalam kubah. Dengan teknologi ini, kubah masjid menjadi sangat terlindungi dari kerusakan akibat air.

Teknologi anti bocor pada kubah ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan masjid itu sendiri. Kubah yang bocor dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti kerusakan pada struktur masjid, kelembaban di dalam masjid, dan lain sebagainya.

Bagaimana Kubah Anti Bocor Dapat Menjaga Kebersihan?

kubah masjid anti bocor

Kubah Anti Bocor tidak hanya memiliki teknologi anti-bocor yang berguna untuk menjaga kekeringan di dalam masjid, namun juga membantu menjaga kebersihan masjid di dalamnya.

Seiring dengan teknologi anti-bocor yang dimilikinya, Kubah Anti Bocor juga dilengkapi dengan teknologi self-cleaning. Teknologi ini dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah perawatan dan pemeliharaan kubah masjid dengan cara membersihkan dirinya sendiri dari debu dan kotoran yang menempel.

Teknologi self-cleaning pada Kubah Anti Bocor memanfaatkan sinar matahari dan hujan untuk membersihkan kubah secara otomatis. Oleh karena itu, kebersihan kubah masjid dapat terjaga dengan baik tanpa perlu membersihkannya secara manual setiap kali ada kotoran yang menempel.

Mengapa Kubah Masjid Anti Bocor Lebih Awet dari Kubah Biasa?

pemasangan panel kubah masjid
Kubah Masjid Al-Ikhwan Mamberamo Raya, Papua (3)

Kubah Anti Bocor memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kubah biasa yang umumnya terbuat dari bahan beton. Salah satunya adalah ketahanan dan keawetannya yang lebih lama. Kubah Anti Bocor terbuat dari bahan enamel, galvalum dan stainless gold yang ringan dan tahan terhadap korosi.

Enamel merupakan bahan yang terbuat dari kaca bubuk yang dipadukan pada sebuah wadah dengan cara pemanasan, biasanya bersuhu antara 750°C.

Galvalum merupakan kubah galvalum merupakan bahan dasar baja ringan yang dilapisi aluminium, silikon & seng dg masing-masing komposisi 55% aluminium, 43,5% seng dan 1,5% silikon.

Stainless Gold merupakan Material yang mengandung senyawa besi dan setidaknya 12% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengaratan logam).

Kubah BiasaKubah Masjid Anti Bocor
Terbuat dari beton yang cenderung retak dan rusak dalam waktu yang relatif singkatTerbuat dari bahan enamel, galvalum dan stainless gold yang tahan lama dan ringan
Mempunyai tingkat perawatan dan penggantian yang tinggiMempunyai tingkat perawatan dan penggantian yang rendah
Bahan tergolong berat sehingga penggunaan rangka besi yang lebih banyak diperlukanBahan tergolong ringan sehingga penggunaan rangka besi yang lebih sedikit diperlukan

Dibandingkan dengan kubah biasa, kubah anti bocor memang relatif lebih mahal dalam pembuatannya. Namun, investasi yang dikeluarkan akan sepadan dengan keuntungan jangka panjang yang didapatkan, karena kubah ini dapat bertahan hingga puluhan tahun tanpa perlu mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi.

Apa Saja Kelebihan Kubah Masjid Anti Bocor Selain Anti-Leak?

Selain teknologi anti-bocor, Kubah Anti Bocor juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, antara lain:

  1. Mudah Perawatannya : Kubah Anti Bocor terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan tidak perlu perawatan khusus, sehingga akan menghemat biaya perawatan di masa depan.
  2. Memiliki Desain yang Indah : Kubah Anti Bocor tersedia dalam berbagai desain dan warna, sehingga dapat disesuaikan dengan desain masjid Anda.
  3. Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem : Terbuat dari bahan yang tahan terhadap cuaca ekstrem, seperti panas dan hujan, sehingga tidak mudah rusak dan memiliki usia pakai yang lebih lama.
  4. Menghemat Biaya Energi : Kubah Anti Bocor dilengkapi dengan sistem isolasi yang baik, sehingga dapat mengurangi kebutuhan pendingin atau pemanas ruangan.
  5. Meningkatkan Kinerja Akustik di dalam Masjid : Kubah Anti Bocor dapat membantu meningkatkan kinerja akustik di dalam masjid, sehingga suara ceramah dapat didengar dengan jelas oleh jamaah.

Dengan semua keunggulan yang dimilikinya, Kubah Masjid Anti Bocor dapat membantu merawat masjid Anda dan meningkatkan kenyamanan serta kualitasnya.

Bagaimana Pemasangan Kubah Masjid Anti Bocor Dilakukan?

kubah masjid anti bocor

Pemasangan Kubah Anti Bocor sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Proses pemasangan dapat dilakukan dalam 1-10 hari tergantung pada ukuran kubah dan cuaca pada saat pemasangan.

Berikut adalah tahapan-tahapan pemasangan Kubah Anti Bocor:

TahapDeskripsi
1Persiapan. Sebelum memasang Kubah Masjid Anti Bocor, pastikan tempat pemasangan dalam kondisi yang baik dan layak. Bersihkan area pemasangan dari debu dan kotoran. Pasang kerangka penyangga kubah dengan kuat agar kubah dapat terpasang dengan stabil.
2Pasang kubah. Setelah kerangka penyangga terpasang dengan baik, kubah dapat dipasang di atasnya. Pastikan kubah terpasang dengan rapi dan kuat sehingga tidak mudah terlepas. Tidak lupa untuk memasang kerangka kubah anti bocor yang dilapisi oleh membran bakar.
3Selesai. Setelah kubah terpasang, lakukan pengecekan untuk memastikan bahwa pemasangan sudah sesuai dengan persyaratan. Pastikan bahwa segala sesuatu telah terpasang dan terhubung dengan benar, dan kubah dapat berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk memilih tenaga ahli yang berpengalaman dalam memasang Kubah Anti Bocor agar kubah terpasang dengan baik dan aman. Jika terdapat masalah atau kesulitan dalam pemasangan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi yang berpengalaman untuk mendapatkan bantuan.

Siapa yang Dapat Memasang Kubah Masjid Anti Bocor?

produsen kubah masjid

Pemasangan Kubah Anti Bocor harus dilakukan oleh ahli dan profesional yang terlatih dalam bidang ini. PT Anugerah Kubah Indonesia merupakan kontraktor kubah masjid profesional dan amanah yang telah dipercaya oleh 1500+ pelaggan. Kubah tersebut memiliki teknologi anti-bocor yang membutuhkan penanganan khusus dan keahlian dalam pemasangan. Pastikan untuk memilih kontraktor yang memiliki pengalaman dalam memasang Kubah Anti Bocor sebelum memutuskan untuk mengganti kubah biasa dengan teknologi baru yang lebih baik ini.

FAQ

Q: Apa itu Kubah Anti Bocor?

A: kubah masjid yang dirancang dengan teknologi khusus untuk mencegah kebocoran air dan menjaga kebersihan masjid.

Q: Apakah Kubah Anti Bocor sulit dipasang?

A: Tidak, pemasangan Kubah Masjid bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, disarankan untuk menggunakan jasa tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam memasang kubah.

Q: Berapa lama umur Kubah Anti Bocor?

A: Kubah Anti Bocor memiliki umur yang lebih panjang dan lebih tahan lama dibandingkan kubah biasa. Hal ini disebabkan oleh bahan yang digunakan pada kubah secara khusus untuk menghindari kebocoran air.

Q: Apa saja kelebihan Kubah Anti Bocor?

A: Selain anti-leak, Kubah Anti Bocor juga memiliki beberapa kelebihan seperti daya tahan yang lebih tinggi, bahan yang ramah lingkungan, dan kemampuan menjaga kebersihan.

Pertanyaan tentang Pemasangan

Q: Siapa yang dapat memasang Kubah Anti Bocor?

A: Pemasangan Kubah Anti Bocor harus dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam memasang kubah. Anda dapat mencari jasa pemasangan kubah masjid yang sudah berpengalaman dan terpercaya. PT Anugerah Kubah Indonesia merupakan kontraktor kubah masjid profesional dan amanah.

Q: Bagaimana proses pemasangan Kubah Anti Bocor dilakukan?

A: Proses pemasangan Kubah Anti Bocor biasanya meliputi pemasangan rangka kubah dan pemasangan membran bakar serta panel kubah secara bertahap sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh produsen.

Pertanyaan tentang Harga

Q: Apakah Kubah Anti Bocor sangat mahal?

A: Harga Kubah Anti Bocor memang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kubah biasa. Namun, hal ini sebanding dengan kelebihan yang dimilikinya seperti anti-leak dan daya tahan yang lebih tinggi.

4.8/5 - (117 votes)