Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Kemegahan Kubah Masjid Raya Al A’zhom Tangerang

Kemegahan Kubah Masjid Raya Al A’zhom Tangerang

Masjid Raya Al A’zhom

Sudahkah Anda berkunjung ke Tangerang? Tangerang adalah satu kota yang terdapat di Propinsi Banten, samping barat kota Jakarta. Tangerang ialah kota paling besar di Propinsi Banten serta adalah ke-3 paling besar di lokasi perkotaan Jabotabek sesudah Jakarta. Tangerang memiliki banyak beberapa tempat hiburan yang bisa Anda untuk jadikan arah berlibur. Salah satunya pusat belanja seperti Tangerang City Mall, Bale Kota Mall, dan beberapa tempat yang disebut obyek wisata kuliner ciri khas Tangerang yang terdapat di Pasar Lama Tangerang. Wisata kuliner ini ialah makanan ciri khas peranakan China-Tangerang seperti mie pasar lama, kecap benteng, laksa tangerang, dan emping jengkol. Tetapi, tahukah Anda tidak hanya memiliki beberapa tempat hiburan yang populer, Kota Tangerang mempunyai kelebihan yang lain, yakni adanya kubah masjid yang paling besar di dunia ini jadikan kota Tangerang makin lebih populer.

Tangerang mempunyai satu masjid yang bernama Masjid Raya Al A’zhom. Masjid ini ialah masjid kebanggaan masyarakat Kota Tangerang, sebab mempunyai design yang unik, yakni masjid raya itu mempunyai lima kubah masjid besar sebagai ciri khasnya. Oleh karenanya, kekhasan serta keelokan masjid raya bersama kubahnya ini jadikan masjid ini satu diantara landmark di Kota Tangerang. Masjid raya ini dibuat diatas tempat seluas 2,25 hektare, mempunyai luas bangunan 5.775 meter persegi, dan memiliki tempat parkir 14.000 meter persegi yang jadikan masjid raya yang bergaya arsitektur timur tengah ini ialah masjid paling besar yang ada di Tangerang dan mempunyai kubah masjid paling besar di dunia. Masjid raya yang didominasi warna biru langit ini dapat menyimpan beberapa jamaah islam sampai 15.000 orang.

Kubah Masjid Terbesar di Dunia

Keunikan Kubah Masjid Raya Al A’zhom

Tidak hanya bangunannya yang besar serta istimewa, masjid raya ini mempunyai kubah masjid yang unik. Asrofi H Yusuf jadi Petugas Sisi Administrasi serta Perijinan Masjid Raya Al A’zhom ini menjelaskan jika masjid yang mempunyai kubah besar ini memiliki kekhasan tertentu, sebab tidak terdapatnya tiang penyangga, serta susunan dari kubah masjid induk di dalam ini didukung oleh 4 kubah anak yang berupa 1/2 lingkaran yang sama-sama bergandengan di bawahnya, hingga cukuplah kuat untuk menyokong kubah induk itu. Yusuf mengatakan jika kubah masjid raya ini tercipta berbentuk tumpukan kubah-kubah 1/2 lingkaran yang berwarna biru. Sampai sekarang ini belumlah ada negara mana saja yang berani menjelaskan jika mereka memiliki kubah masjid paling besar di dunia. Kubah masjid tanpa ada penyangga yang mempunyai diameter 63 meter ini ialah kubah masjid yang paling besar di dunia, yang berbentuk 5 buah kubah masjid itu melambangkan tentang 5 rukun islam dan perintah sholat 5 waktu.

Kubah Masjid Al A’zhom ini memiliki kaligrafi yang tertulis ayat-ayat suci Al-Qu’an. Pada bagian di 4 kubah anak itu tercatat kaligrafi nan indah dari ayat-ayat Al suci Quran, yakni salah satunya pada bagian kubah pada bagian barat tertulis Surat An Nur ayat 35, Surat Al Baqarah ayat 255, dan Surat Al Baqarah ayat 284-285. Sedang kubah dibagian selatan tertulis Surat At Taubah ayat 105, Surat An Nahl ayat 97, Surat Ali Imron ayat 112, Surat An Nisa ayat 32, serta Surat Al An’am ayat 132-133. Untuk kubah di bagian timur tertulis Surat Al Bayinah ayat 5 serta Surat Ar Rum ayat 30-33. Lalu untuk kubah sisi utara tertulis Surat Al Anbiya ayat 107, Surat Al Fath ayat 29, serta Surat Lukman ayat 17-18. Ayat-ayat suci Al-Qur’an itu diatur dengan 3 baris, sesaat pada baris ke empat pada masing-masing kubah berisi dengan Asmaul Husna.

Interior Masjid Raya Al Azhom

Lalu, masjid yang mempunyai kubah paling besar ini diperlengkapi adanya menara pada ke empat sisinya, dan diperlengkapi dengan beberapa sarana untuk mendukung pekerjaan beribadah ataupun kepentingan yang lain. Masjid Raya Al Azhom mempunyai tempat sholat spesial untuk pria serta wanita yang masing-masing dibarengi tempat berwudhu, ruangan pengkajian ruangan mihrab, ruangan persiapan, ruangan perpustakaan, dan ruangan kantor serta perlengkapan. Subhanallah benar-benar menarik kan? Mudah-mudahan kita mendapatkan peluang dari Allah untuk berkunjung ke masjid yang mempunyai kubah paling besar di dunia itu Allahumma Aamiin.

error: Content is protected !!