Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Tiban Turen Malang – Kontraktor Kubah Masjid Malang

Masjid Tiban Turen Malang – Kontraktor Kubah Masjid Malang

Masjid Tiban Turen Malang

Masjid Ajaib atau Masjid Tiban ialah sebetulnya Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terdapat di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama yang cukuplah panjang yang memiliki arti Laut Madu atau, “Fadilah Rohmat” (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-terjemahan Bahasa Jawa)

Dimaksud Masjid Tiban sebab Konon masjid yang begitu megah ini dibuat tiada sepengetahuan masyarakat sekitar, serta menurut mitos dibuat oleh jin dalam tempo cuma satu malam. Akan tetapi, saat rumor ini di konfirmasi pada “orang dalam”, disebutkan jika pembangunan masjid – yang sebetulnya adalah kompleks ponpes keseluruhannya – semua berbentuk transparan sebab ditangani oleh santri serta jamaah. Bantahan dari “orang dalam” itu jelas sekali terpampang di muka meja penerima tamu dengan tulisan besar – besar, “Apabila ada orang yang menjelaskan jika ini ialah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibuat oleh jin dll., itu tidak benar. Sebab bangunan ini ialah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibuat oleh beberapa santri serta jamaah.”

Pondok Pesantren itu konon mulai dibuat pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Karunia Alam, atau yang akrab dipanggil Romo Kiai Ahmad. Bangunan penting pondok serta masjid itu telah sampai 10 lantai, tingkat 1 s/d 4 dipakai menjadi tempat pekerjaan beberapa Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruangan keluarga, sedang lantai 5, 7, 8 ada beberapa toko kecil yang di kelola oleh beberapa Santriwati (Santri Wanita), beberapa jenis camilan di jual dengan harga terjangkau, diluar itu ada pula beberapa barang yang di jual berbentuk baju Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan lain-lain.

Tidak cuma unik, di pondok pesantren itu pun ada kolam renang, diperlengkapi perahu yang cuma spesial untuk dinaiki wisatawan anak – anak. Di komplek pondok pesantren itu pun ada beberapa type binatang seperti kijang, monyet, kelinci, bermacam type ayam serta burung.

Kubah Masjid Tiban Turen Malang

Arsitek Bangunan Masjid Tiban Turen Malang

Arsitek dari pembangunan pondok pesantren ini bukan seorang yang belajar dari pengetahuan arsitektur perguruan tinggi, tetapi dari hasil istikharah pemilik pondok, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. Karena itu, memiliki bentuk jadi begitu unik, seperti kombinasi timur tengah, china serta moderen. Untuk pembangunannya juga tidak memakai alat-alat berat serta moderen seperti dalam untuk bangun gedung bertingkat. Semua ditangani oleh beberapa santri yang sejumlah 250 orang serta beberapa masyarakat di seputar pondok. Romo Kiai telah mulai bangun pondok dengan material apa yang ada. Perumpamaannya, saat itu terdapatnya baru batu merah saja jadi batu merah itu yang dipasang dengan luluh (adonan) dari tanah liat (lumpur atau ledok).

Kontraktor Kubah Masjid Malang

Kontraktor Kubah Masjid Malang

Kami PT Anugerah Kubah Indonesia berkonsentrasi dalam bidang pembuatan kubah masjid. Perusahaan yang mempunyai pengalaman dan mengutamakan kualitas, kontraktor ini membuat kubah memiliki bahan Enamel serta Galvalum. Dimana bahan ini memang demikian gampang tapi kuat serta memiliki tahan tinggi. Bukan hanya itu, perusahaan ini juga masih di lengkapi kubahnya dengan sususan kedap air. Sampai tidak akan bocor walaupun dipasang dalam tempo yang lama.

Buat Anda yang tengah mencari kontraktor kubah masjid di Malang, tidak butuh bingung karena PT Anugerah Kubah Indonesia adalah jalan keluar terbaik. Cukuplah cuma kerjakan pemesanan, jadi semua yang berkaitan dengan pembangunan kubah akan diselesaikan dengan waktu yang dijanjikan.

error: Content is protected !!