Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Kubah Masjid Agung Moskow

Kubah Masjid Agung Moskow

Keindahan Masjid Agung Moskow

Waktu dengar kata Moskow, pikiran kita juga bakal langsung tertuju pada salah satunya negara adidaya dunia, Rusia. Ya, Moskow adalah ibukota Rusia. Di kota ini kita bisa temukan salah satunya masjid paling besar di Eropa. Namanya Masjid Katedral Moskow atau Masjid Agung Moskow juga bisa dimaksud Moskovskiy Soborniy Mecet.

Masjid penuh dengan riwayat ini dibuat tahun 1904 atas perancangan arsitek Nikolay Zhukov. Dijuluki dengan ‘Masjid Tatar’ sebab masjid ini didominasi oleh arsitektur Tatar. Masjid Katedral Moskow ini adalah masjid paling tua ke-2 dari empat masjid yang sekarang eksis di kota Moskow.

Semenjak diperbaiki pada tahun 2005, Masjid Agung Moskow sekarang jadi masjid paling besar di Eropa. Perlu waktu 10 tahun untuk melakukan renovasi masjid ini. Sekarang ini, Masjid yang diresmikan Presiden rusia Vladimir Putin pada 23 September 2015 itu dapat menyimpan 10 ribu Jemaah. Ada juga waktu peresmian itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan serta Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Pembangunan Masjid Agung Moskow

Dibangun pas mendekati kaum muslim rayakan Idul Adha, jadikan masjid ini makin unik. Bangunan baru masjid bisa menampung seputar 10 ribu jemaah. Bahkan juga waktu hari raya, lokasi seputar masjid bisa menyimpan sampai 20 ribu jamaah. Menariknya kembali, lebih dari 500 pekerja ikut serta dalam proses restorasi masjid. Diantara mereka diantaranya tukang bangunan, arsitek serta seniman dari Rusia, Turki, serta beberapa negara lainnya. Mengagumkan.
Sesudah diperbaiki, lokasi kompleks Masjid Katedral Moskow diperluas sebesar 20 kali lipat. Walau sebenarnya awal mulanya, masjid ini cuma mempunyai luas 980 mtr. persegi. Akan tetapi sekarang luas masjid jadi 19 ribu mtr. persegi.

Di lain sisi, kita dapat lihat megahnya kubah masjid setinggi 46 mtr. serta menara setinggi 72 mtr.. Di bagian tengah masjid, ada kubah berlapis emas yang dihiasi dengan bingkai ukiran mencuplik ayat-ayat Alquran. Masjid ini pula diperlengkapi dengan 6 lantai, 7 elevator, serta 15 pintu masuk yang ada di gedung. Ada juga akses spesial buat penyandang disabilitas.

Kubah Masjid Agung Moskow

Diluar itu, 12 kg susunan dari kertas emas menghiasi kubah masjid hingga membuat makin cantik. Warna emas ini diperuntukkan untuk memperingatkan beberapa orang mengenai Moskow. Berarti, saat orang dengar kata Moskow, orang juga bakal langsung berfikir mengenai banyak kubah emas. Nah, demikian juga masjid ini. Kubah pun dimahkotai bulan sabit di atasnya mempunyai tinggi 59 mtr.. Ketinggiannya dari lantai ke atas atap sampai 42 mtr..

Sekitar 131 tiang pancang ditanam ke basic masjid untuk menguatkan susunan bangunan sampai mendekati kereta bawah tanah. Sungai bawah tanah Neglinka mengalir pas dibawah bangunan. Lebih dari 320 lampu kristal bergantung pada dinding serta langit-langit yang menerangi masjid. Umumnya dibikin berbentuk kubah masjid.

Warna biru pada masjid jadi lambang sekaligus juga saksi riwayat manisnya jalinan Indonesia-Soviet (Rusia) di masa tahun 50-an. Bahkan juga, masjid ini awal mulanya tidak diaktifkan serta jadikan menjadi gudang. Akan tetapi, atas pendapat dari Presiden Soekarno waktu itu, Masjid langsung kembali digunakan menjadi tempat beribadah.

error: Content is protected !!