Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Kumpulan Ceramah Singkat yang Bisa Dibuat Dengan Mudah

Kumpulan Ceramah Singkat yang Bisa Dibuat Dengan Mudah

Kumpulan ceramah singkat bisa menjadi pembelajaran untuk orang-orang yang belum mahir berceramah. Dengan melihat kumpulan ceramah yang singkat seseorang bisa belajar membuat ceramah. Pada artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Cara Membuat Ceramah

Sebelum ketahui bagaimana ceramah singkat akan dibahas dulu mengenai bagaimana caranya untuk membuat ceramah.

Secara pengertian, ceramah adalah usaha dari seseorang untuk ungkapkan isi hati melalui kalimat. Bisa juga dengan mengutarakan pikiran yang diminta maupun atas kemuan sendiri. Ceramah disampaikan untuk banyak orang.

Bahan ceramah harus Anda susun secara sistematis yang materinya apa saja. Umumnya terdiri atas pendahuluan kemudian isi lalu penutup. Dalam pendahuluan menggunakan berbagai kata pembuka untuk dijadikan sebagai kontak dengan penonton. Juga berisi batu loncatan untuk menuju isi ceramah.

Isi dari ceramah adalah hal paling penting dari semua kegiatan dalam ceramah. Untuk bisa mencapai sasaran yang menjadi target dalam ceramah maka Anda harus membuat berbagai alasan analog mengenai materi yang akan diceramahkan. Jadi Anda bisa meyakinkan dan memotivasi audience.

Lalu pada bagian penutup Anda bisa tekanlah isi ceramah yang paling penting. Lalu Anda rangkum menjadi kesimpulan. Itu adalah mengenai bagaimana susunan dari ceramah. Nah, lalu bagaimana caranya berceramah atau berdakwah menurut Al-Quran?

Menurut surat Al-Anam ayat 107-108 menyebutkan bahwa tidak boleh memaki, menghina atau mengejek agama lain. Harus saling menghargai meski beda agama. Jadi dalam ceramah lebih baik jangan memasukkan bahasan tentang agama lain ke dalam ceramah takutnya yang dibicarakan malah keburukan sehingga ceramah yang disampaikan tidak afdol.

Menurut An-Nahl ayat 125 menyebutkan bahwa apabila Anda ingin berdakwah ahrus dilakukan dengan cara yang baik-baik. Kemudian menurut Yasin ayat 17 harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami orang lain dan jelas. Lalu menurut ayat lainnya tidak boleh memaksa karena kewajiban dari seorang Muslim hanyalah untuk menyampaikan pesan dari Allah yang ada dalam Al-Quran. Namun apabila ada yang berpaling atau tidak beriman maka tidak bisa dipaksakan.

Allah menyuruh kita untuk berpaling dari para orang bodoh alias acuh tak acuh. Namun tetap harus memberikan peringatan yang bermanfaat untuk para orang yang mau beriman supaya kelak tidak terjerumus dalam api neraka.

Selanjutnya adalah mengenai teknik ceramah yang benar. Berikut ini bagaimana teknik ceramah yang benar dan bagus.

• Jangan terlalu terpaku materi
Jika Anda melakukan ceramah sambil membaca teks nanti malah ceramah Anda jadi membosankan untuk audiens dan nantinya jadi tidak natural. Maka Anda lebih baik menghapal isi dari materi yang akan disampaikan. Sampaikan ceramah itu dengan sangat natural dengan tidak membaca.

• Jangan hanya berdiri statis
Ketika sampaikan ceramah Anda jangan hanya berdiri dalam satu tempat. Usahakan untuk bergerak ke kanan kiri depan belakang, menghampiri audiens sambil seakan mengajak bicara audiens supaya menarik perhatian mereka. Jika Anda melihat penceramah yang professional, mereka tidak hanya berdiri diam tapi selalu bergerak. Namun tentu jangan berlebihan. Anda harus tampilkan kesan sebaik mungkin karena banyak orang yang perhatikan Anda.

• Lakukan interaksi dengan audiens
Ketika berceramah jangan seperti sedang ada di hadapan dinding. Anda sedang berhadapan dengan manusia yang dapat memberikan respon. Sebagai penceramah yang baik Anda harus bisa melakukan interaksi dengan mereka secara baik, lewat pribadi maupun yang datang melihat Anda.

• Coba biat audiens tertawa
Memang dalam ceramah yang disampaikan adalah materi yang serius karena membahas tentang agama tapi Anda menyampaikannya jangan terlalu serius. Penceramah yang baik harus bisa membuat audiens jadi senang dengan memberikan candaan sesekali. Biasanya materi jadi lebih mudah untuk dipahami apabila ditambahkan dengan unsur humor.

Itulah yang sebaiknya Anda lakukan ketika berceramah. Meski pemula Anda harus tahu cara-cara diatas supaya apa yang disampaikan bisa tersampaikan dengan baik. Setelah tahu bagaimana caranya menyampaikan ceramah, dibawah ini ada info mengenai kumpulan ceramah singkat untuk Anda.

Contoh Kumpulan Ceramah Singkat

Contoh ceramah yang akan dituliskan dibawah ini adalah tentang bulan Ramadhan.

Bismillaahhirrohmaanirrohiim…

Assalamu’alaikum warohmatullahi wa barokaatuuh..

Alhamdulillahirobbil ‘alamin kita sekarang bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Semoga dengan pertemuan ini berkah akan didapatkan. Jamaah yang dirahmati oleh Allah, di kesempatan kali ini saya akan menyampaikan kultum dengan tema kerugian yang didapatkan di bulan Ramadhan.

Meski bulan yang penuh berkah tapi ternyata dibalik itu ada kerugian yang mungkin saja bisa Anda semua alami. Kerugian itu antara lain tidak berpuasa dan beribadah secara maksimal, puasa hanya membuat lapar dan dahaga, tidak ikut tarawih secara penuh, tidak shalat, dan tidak membaca Al-Quran. Mengapa hal itu disebut dengan kerugian? Mari bahas bersama-sama.

Yang pertama adalah tidak berpuasa serta ibadah secara maksimal. Perintah berpuasa di bulan Ramadhan telah tertulis jelas pada surat Al-Baqarah ayat 183. Namun pada kenyataannya banyak orang yang mengaku beriman, tidak berhalangan, dan sehat malah tidak lakukan ibadah puasa.

Namun jika menilik kepada rukun Islam, puasa adalah salah satu bagian dari rukun Islam. Orang yang tidak melakukan hal-hal yang tertuang di dalam situ, dalam hal ini puasa maka Anda bukanlah muslim yang baik.

Kemudian dalam hal hanya menahan lapar dan dahaga. Di bulan Ramadhan apabila menjalankannya dengan baik ada banyak pahala yang bisa Anda dapatkan. Namun di sisi lain ada banyak orang yang tidak dapat apa-apa kecuali lapar dan dahaga. Mengapa?

Oleh karena itu, ada banyak perkara yang membuat pahala puasa dari seseorang menghilang, antara lain fitnah, ghibah, bohong, adu domba, dan melihat aurat lawan jenis dengan syahwat. Memang puasanya sah tapi tidak memiliki pahala atas puasa yang telah dilakukannya.

Lalu tidak tarawih secara penuh sampai selesai. Kadang beberapa orang meninggalkan tarawih sebelum selesai shalat witir. Padahal Rasulullah telah menjanjikan keutamaan untuk orang-orang yang ikut tarawih sampai selesai. Menurut hadist Riwayat Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Majah apabila seseorang melakukan shalat tarawih ikuti imam hingga selesai dia akan mendapatkan pahala yang sama dengan shalat semalaman suntuk. Untuk itu mari senantiasa ikuti sholat tarawih secara benar dan penuh hingga sholat witir selesai.

Lalu tidak menjaga sholat. Banyak orang yang memang melaksanakan puasa, tapi tidak disertai dengan sholat maka hal itu percuma saja. Begitu juga dengan tidak membaca Al-Quran padahal di bulan Ramadhan, pahala membaca Al-Quran sangat besar.

Demikianlah ceramah mengenai bulan Ramadhan yang dapat disampaikan. Semoga kita semua bisa menjadi Muslim yang baik dengan menjalankan segala perintah Allah dengan sebaik-baiknya.

Demikianlah info mengenai kumpulan ceramah singkat mengenai Ramadhan beserta info mengenai bagaimana cara menyampaikan ceramah yang benar. Dengan melihat contoh ceramah diatas sekarang Anda tahu bagaimana ceramah itu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Info Pembelian Kubah Masjid 100% Garansi 

Rate this post