Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Lima Masjid Termegah di Dunia

Lima Masjid Termegah di Dunia

Masjid Termegah di Dunia

Bangunan masjid jadi gambaran datangnya umat Islam. Mulai dari bangunan masjid yang kecil sampai masjid yang besar sekali dan super megah. Ini bukti pentingnya satu bangunan masjid buat umat Islam. Bukan sekedar untuk melakukan beribadah, masjid jadi tempat beberapa pekerjaan ke-Islaman, bahkan dulu masjid jadi pusat pemerintahan.

Di dunia ini terdapat beberapa masjid super megah menjadi bukti kebesaran dan kejayaan Islam di waktu lampau dan yang akan datang Insya Allah. Masjid itu memiliki bangunan megah dan arsitektur yang indah, sebagian orang akan takjub jika memandangnya. Berikut masjid termegah di dunia itu :

1. Masjid Kubah KubahEmas di Palestina

Masjid Kubah Emas di Palestina

Masjid kubah emas di Palestina ini berada di dataran tinggi tempat itu, sampai kubah emas yang dimiliki terlihat demikian berkilauan dan mempesona. Kedatangan masjid kubah emas ini di tempat Al Quds, sampai jadi tempat bersejarah dan demikian terpenting untuk dipertahankan oleh kelompok muslimin seluruh dunia dari penjajahan zionis israil.

Arsitektur bangunan masjid kubah emas memiliki bahan ubin mozaik pirus dan kubah emas raksasa, sampai demikian mempesona jika lihat bangunan masjid ini.

2. Masjid Agung Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Agung Sheikh Zayed abu dhabi

Masjid Agung Sheikh Zayed dalam pembangunannya membutuhkan 10 tahun untuk akhiri sampai usai. Masjid yang berada di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab memiliki arsitektur yang indah dan mempesona. Warna putih kuasai warna bangunan masjid agung Sheikh Zayed dan ornamen masjid hadir dari emas, serta kubah yang memesona ini bergaya Maroko.

Luas masjid 22.412 meter persegi memiliki pilar-pilar yang bermotif bunga didalamnya. Di ruang utama masjid agung Sheikh Zayed ada pilar beberapa 96 pilar berlapis mutiara. Masjid super megah ini bisa menampung 40.000 jamaah.

3. Masjid Nabawi di Madinah

Masjid Nabawi di Madinah

Masjid yang sangat didapati oleh kelompok muslimin di semua penjuru dunia. Dulunya hanya memiliki bangunan seluas 50 meter x 50 meter saja. Bertepatan banyaknya jamaah haji dan umrah semakin bertambah masing-masing tahun, jadi bangunan masjid nabawi diperluas sampai 100.000 meter persegi.

Arsitektur yang menarik dan keunikan adalah bangunan payung raksasa, ada lebih dari 250 payung raksasa jadi pola drainase dan pencahayaan. Payung raksasa ini akan tutup dan terbuka dengan otomatis. Masjid nabawi bisa menaruh jamaah dengan banyaknya terbesar ke-2 dalam dunia setelah masjidil haram.

4. Masjid Biru Mazar i Sharif di Afghanistan

Masjid Biru Mazar i Sharif di Afghanistan

Masjid yang dibuat pada saat Dinasti Seljuk oleh Sultan Ahmad Sanjar. Masjid Biru Mazar i Sharif seringkali alami rusaknya serta perbaikan. Rusaknya berlangsung sebab perebutan atau penjajahan dari Gengis Khan tahun 1220 Masehi. Lalu seseorang raja Timurid yakni Sultan Husayin Mirza Bayqarah melakukan renovasi dengan arsitektur mengagumkan yang didominasi warna ciri khas biru.

Masjid yang ada di Afganistan ini adalah warisan riwayat waktu lantas yang perlu dirawat serta dipertahankan selalu menjadi lambang kebesaran Umat Islam dari sana.

5. Masjid Putra Malaysia

Masjid Putra Malaysia

Di daerah Putrajaya, Malaysia ada sebuah bangunan super megah, yaitu Masjid Putra. Masjid yang seolah-olah terapung diatas danau Putrajaya ini dibangun pada tahun 1997 hingga tahun 1999. Keindahan kawasan Putrajaya bisa dilihat dari masjid Putra,mualai danau yang membentang luas dan keindahan alam yang asri disekitar masjid tersebut.

Arsitektur masjid adalah gabungan tradisional dan modern memiliki dominasi warna merah muda dengan gaya Persia dan dari beberapa arsitektur gaya Islam lainnya. Nama masjid Putra ini disematkan dari nama Perdana menteri pertama Malaysia, yaitu Tuanku Abdul Rahman Putra Al-Haj.

error: Content is protected !!