Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Al Kautsar Badak NGL – Kontraktor Kubah Masjid Bontang

Masjid Al Kautsar Badak NGL – Kontraktor Kubah Masjid Bontang

Masjid Al Kautsar Badak NGL Bontang

Kehadiran masjid di kompleks perkantoran sudah wajar di Indonesia, tapi sejumlah besar cuma menyiapkan tempat beribadah yang simpel. Tetapi, tidak demikian perihal dengan PT Badak NGL. Perusahaan ini membuat satu masjid istimewa di lokasi pabriknya di Bontang, Kalimantan Timur.

Masjid istimewa ini bernama Masjid Al-Kautsar. Keelokan bangunannya jadikan Masjid Al-Kautsar lambang religiusitas di Bontang. Banyak pengunjung di luar Bontang yang menyengaja berkunjung di masjid ini untuk rasakan kesenangan melaksanakan ibadah.

PT Badak NGL beroperasi di sektor gas alam cair, dibangun oleh Pertamina, Mobil Oil, serta Huffco Inc. Kehadiran Masjid Al-Kautsar di kompleks perkantoran Badak itu adalah satu diantara sarana untuk mendukung kehidupan warga disana. Sarana lain berbentuk kompleks perumahan, sekolah dari tingkat TK sampai SMU, fasilitas berolahraga serta piknik, guest house, gedung serbaguna, serta rumah sakit.

Bangunan Masjid Al-Kautsar terlihat makin indah sebab dipadukan dengan taman yang diperlengkapi kolam di seputar masjid. Tempat masjid di tanah yang tinggi juga membuat bangunan kelihatan begitu mencolok.

Masjid Al Kautsar Badak NGL Bontang

Masjid mempunyai pekarangan yang diperlengkapi selasar berupa setengah lingkaran terputus jadi aksen pembatas. Masuk ruangan utama masjid akan terlihat bentangan ruangan yang terbagi dalam dua lantai. Lantai ke-2 berperan seperti mezzanine yang memutari lantai penting.

Keunikan Masjid Al Kautsar PT Badak NGL

Kekhasan ruangan dalam terdapat pada pintu berteralis tipis selama dinding masjid. Pemakaian pintu semacam ini membuat ruangan utama dapat dibuka dari beberapa arah. Selain itu, sinar alami matahari serta hembusan angin juga bisa bebas menerobos ke ruangan.

Sisi mihrab masjid tampil cukuplah kekinian dengan dua mimbar. Mimbar pertama menyatu dengan dinding mihrab tetapi tambah tinggi dibanding basic lantai. Mimbar berupa setengah lingkaran berwarna emas tanpa ada banyak detail ornament hias. Mengenai mimbar ke-2 terdapat pas dibawah mimbar utama dengan tribune yang lumayan sederhana.

Interior Masjid Al Kautsar Badak NGL Bontang

Di latar mihrab ada jendela besar yang ditutup oleh kain biru tipis, hingga pada siang hari akan terlihat pendaran sinar biru dari sisi mihrab. Tidak hanya beribadah teratur, Masjid Al-Kautsar meriah dengan pekerjaan ceramah Islam. Bahkan juga seringkali Masjid Al Kautsar jadikan tempat penerapan pekerjaan islami, baik yang dikerjakan oleh warga ataupun manajemen PT Badak NGL.

error: Content is protected !!