Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Islamic Centre

Masjid Islamic Centre

Masjid Islamic Centre

Masjid Islamic Centre Samarinda atau umum dipersingkat MICS ialah masjid paling besar ke-2  di Indonesia sesudah Masjid Istiqlal, Jakarta. Masjid ini mulai dibuat pada tanggal 5 Juli 2001 yang diikuti dengan penekanan tombol pemancangan tiang pertama oleh Presiden RI kelima, Megawati Soekarno Putri. Sesudah lewat proses pembangunan sepanjang lebih kurang tujuh tahun, masjid ini pada akhirnya disahkan oleh Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 16 juni 2008.

Pembangunan MICS habiskan dana miliaran rupiah yang dari APBD Pemerintahan Propinsi Kalimantan Timur. Saat itu, pembangunan masjid ada dalam tanggungjawab Gubernur Kalimantan Timur, H. Suwarna Abdul Fatah. Dalam penerapan pembangunan, Suwarna mengikutsertakan beberapa PT (Perseroan Terbatas)dengan tanggungjawab yang berbeda, misalkan PT yang bertanggung-jawab pada perencana arsikter, perencana susunan, perencana M dan E, perencana seni, konselor pengawas, dan eksekutor pembangunan.

Keseluruhannya, komplek MICS tempati tempat selebar lebih kurang 8 hektar yang disebut sisa tempat penggergajian kayu punya PT. Inhutani I dan telahdihibahkan ke Pemerintahan Propinsi Kalimantan Timur. Bangunan khusus masjid inimemiliki luas sekitaran 43.500 m2, sedang bangunan pendukungnya selebar 7.115 m­2. Bangunan khusus terbagi dalam bagian-bagian yakni lantai lantai dasar selebar 10.235 m­2, lantai dasar selebar 10.270 m­2, lantai khusus selebar 8.185 m­2, dan lantai mezanin (podium) selebar 5.290 m­2.

Masjid Islamic Centre Samarinda diperlengkapi 7 biji menara, satu diantaranya ialah menara khusus dengan tinggi capai 99 mtr.. Menara khusus ini terbagi dalam 15 lantai dan tiap lantai mempunyai tinggi rerata 6 mtr.. Sementara 4 menara yang lain yang berada setiap pojok masjid masing-masing mempunyai tinggi 70 mtr.. Adapun 2 menara lainnnya yang berada di ke-2  segi pintu gerbang masuk masjid masing-masing setinggi 57 mtr..

Galeri Masjid Islamic Center Samarinda

Daftar Harga Kubah Masjid Terbaru 2021 | Qoobah

Harga BEST SELLER Kubah Masjid Galvalume | Qoobah Hubungi Kami 

Harga Kubah Masjid Langsung Produksi murah | Qoobah Hubungi Kami 

Harga Terlaris Kubah Masjid bahan lapis anti karat stainless steel 304 Limit | Qoobah Hubungi Kami 

Harga Kubah Masjid Sertifikat Kontruksi dan DAYA TAHAN warna | Qoobah Hubungi Kami 

Harga HIGH QUALITY Kubah Masjid Dengan CAT yang kita produksi sendiri | Qoobah Hubungi Kami 

Harga Kubah Masjid Portofolio Malaysia & Filipina | Qoobah Hubungi Kami 

Harga NEW RELEASE Kubah Titanium dan Kubah Emas | Qoobah

Produsen Kubah & Aksesoris Masjid yang telah berpengalaman di dalam dan luar negeri PT. Anugerah Kubah Indonesia
error: Content is protected !!