Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Kampung Laut – Kontraktor Kubah Malaysia

Masjid Kampung Laut – Kontraktor Kubah Malaysia

Masjid Kampung Laut Kelantan atau Negeri Kelantan

Malaysia, tengah jadi buah bibir di tanah air, sekurang-kurangnya buat beberapa penggemar sebakbola. Club sepak bola Persebaya Surabaya sekarang ini tengah bertanding bertemu dengan club sepakbola Kelantan di Piala Unity. Satu kejuaraan yang diadakan untuk menyambung pertemanan Indonesia serta Malaysia lewat berolahraga, dengan menghadapkan juara Liga masing masing Negara.

Surabaya serta Kelantan mempunyai satu jalinan yang unik di waktu lampau. Di Kampung Laut negeri Kelantan berdiri satu masjid tua dari kayu begitu serupa dengan Masjid Agung Demak, konon menurut salah satunya vs riwayat, masjid tua itu dibuat oleh tiga orang sunan dari tanah jawa diantaranya ialah sunan Ampel dari Surabaya. Di waktu lantas Kelantan jadi persinggahan ulama Indonesia serta Champa (Pattani) yang tengah dalam perjalanan dari serta atau ke negeri masing masing.

Masjid Kampung LautWalau tidak ada riwayat tercatat otentik mengenai riwayat awal pembangunannya, Masjid Kampung Laut Kelantan dimaksud ucap menjadi Masjid paling tua di Malaysia serta masih tetap eksis semenjak pertama-tama dibuat sampai sekarang. Masjid ini bertahan dari dua banjir besar di Kelantan serta ahirnya dipindahkan ke tempatnya saat ini untuk mencegahnya tergerus habis oleh kikisan saluran sungai Kelantan.

Arsitektural masjid Kampung Laut begitu serupa dengan Masjid Agung Demak, Jawa Tengah, Indonesia. Tidak salah jika dikatakan sebagai replikanya Masjid Agung Demak di Negeri Kelantan. Masjid Kampung Laut bukan hanya satu masjid di Malaysia yang mempunyai keserupaan dengan Masjid Agung Demak, masih tetap ada masjid masjid Malaysia yang lain yang serupa dengan Masjid Agung Demak salah satunya ialah Masjid Aceh di Pulau Pinang, Masjid Kampung Hulu Malaka, Masjid Kampung Keling Malaka serta Masjid Tengkera Malaka.

Tempat Masjid Kampung Laut

Masjid Kelantan MalaysiaMajsid Kampung Laut ada di lokasi Universiti Malaya Islamic Academy, Nilam Puri, kurang lebih 12 km barat-daya Kota Bharu ibukota Kelantan. Aslinya Masjid tua ini ada di Kampung Laut, Tumpak disamping hilir Kota Bharu. Akan tetapi lalu dipindahkan ke tempatnya saat ini semenjak tahun 1968. Koordinat geografi masjid ini ada di 6° 1′ 38.79″ N 102° 14′ 28.38″ E.

Riwayat Awal Masjid Kampung Laut

Ada banyak versi mengenai riwayat awal Masjid Kampung Laut. Jumlahnya vs riwayat masjid ini karena ketiadaan riwayat tercatat otentik mengenai pembangunan masjid ini seperti masjid Demak yang diperlengkapi dengan sangkala buat tiap-tiap proses pembangunannya hingga dengan gampang didapati tarikh pembangunan masjid itu.

Masjid Kampung Laut berusia seputar 1400 tahun ?

Dijelaskan jika masjid ini dibuat seputar 1400 tahun kemarin, usia masjid yang cukuplah mengagetkan mengingat umur itu seumur dengan peradaban Islam, jika vs ini benar maknanya masjid ini sejaman dengan riwayat awal Islam di Mekah serta Madinah, sejaman juga dengan Masjid Cheraman – masjid pertama di India serta tentunya tambah lebih dahulu dibuat dari Masjid Agung Demak.

error: Content is protected !!