Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Luar Batang – Kontraktor Kubah Masjid Jakarta

Masjid Luar Batang – Kontraktor Kubah Masjid Jakarta

Masjid Luar Batang Penjaringan

Kontraktor Kubah Jakarta – Masjid Luar Batang adalah masjid yang tidak dapat dipisahkan dari semua riwayat berdirinya kota Jakarta. Di seputar ruang masjid ada makam seseorang ulama besar Indonesia yang bernama “Habib Husein Bin Abubakar Bin Abdillah Al-Aydrus”, atau lebih diketahui menjadi “Habib Luar Batang” pada saat itu.

Bahkan juga dari jaman dahulu, makam Habib itu disebutkan oleh bangsa VOC Belanda menjadi makam keramat Luar Batang. Detil tahun pembangunan Masjid Luar Batang memang tidak jelas, akan tetapi masjid ini di klaim menjadi masjid sangat tua di Daerah Spesial Ibukota Jakarta, yang dibuat saat Habib Luar Batang masih tetap sugeng (hidup), yakni seputar tahun 1730-1750-an.

Ada narasi papar yang menjelaskan kekeramatan Habib Luar batang saat meninggal dunia, pemerintah VOC pada saat itu melarang pemakaman dikerjakan di daerah itu, akan tetapi mesti disemayamkan di seputar Tanah Abang. Saat akan disemayamkan, jenazah sang ulama digotong ke arah ke pemakaman tanah abang, lalu perihal ajaib berlangsung yakni jenazah itu hilang. Lalu beberapa pelayat pulang kembali ke tempat tinggal beliau serta nyatanya jenazah sang Habib masih tetap ada dari sana.

Masjid-Luar-Batang-Penjaringan

Penggotongan jenazah dikerjakan sekitar 3 kali, akan tetapi hal sama tetap berlangsung kembali. Pada akhirnya penduduk Luar Batang setuju untuk memakamkam sang Habib di samping Musholla yang didirikannya. Mulai sejak itu Musholla itu lebih diketahui dengan nama “Luar Batang”.

Masjid yang beralamatkan di Jalan Luar Batang, Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara ini menurut pemerintah ditempat diprediksikan dibuat pada tahun 1739. Dibuat langsung oleh Habib Husein Luar Batang, dengan luas cuma sebesar 6 meter persegi saja. Bangunan masjid ini terbuat berbahan baku kayu dipoles dengan style Ciri khas Betawi, dengan kubah bawang kecil.

Di dalam masjid ada satu ukiran batu yang menuturkan jika Habib Husein Luar Batang meninggal dunia di hari kamis 27 Ramadhan 1169 / 24 Juni 1756. Lalu di atas pintu masjid tercatat mengenai tanggal berdirinya masjid yakni 20 Muharram 1152 H / 29 April 1739 M.

Sesudah 3 era berlalu dari pendirian masjid, sekarang ini bekas-bekas peninggalam riwayat masjid itu sudah ada hampir tidak bersisa kembali. Ditambah lagi, telah dikerjakan perombakan keseluruhan oleh pemerintah DKI pada tahun 1992, dengan mengubah semua bangunan, termasuk juga kubah bawang yang dirubah jadi kubah joglo / kubah limas tradisionil DKI Jakarta.

12 tiang yang awal mulanya memiliki bahan kayu dibongkar serta digantikan dengan pilar memiliki bahan beton, sesaat lantai yang sebelumnya pun dari kayu sekarang ini dirubah jadi keramik serta batu granit. Beberapa hal yang disisakan pada masjid itu cuma bahan bangunan masjid yang terbuat dari kayu jati asli, dan beberapa prasasti di makam Habib Husein Luar Batang.

Walau sekarang ini memang bangunannya tidak classic / kuno kembali, akan tetapi pemerintah DKI Jakarta masih memberi mandat mengenai pelestarian situs bersejarah itu. Sebab memang memiliki kandungan riwayat yang begitu panjang dari era ke-17.

Masjid Luar Batang sampai sekarang ini juga masih tetap seperti magnet yang menarik beberapa wisatawan dan jamaah shalat. Beberapa sarana pun ikut diperlengkapi seperti ruang parkir yang luas, air bersih untuk berwudlu, dan perbaikan beberapa pelataran masjid yang dapat dipakai sekedar untuk beristirahat.

Makam Habib Husein bahkan juga bukan sekedar populer pada lokasi lokal saja, akan tetapi banyak dari keturunan Tionghoa yang masih tetap seringkali berziarah ke makam itu. Bahkan juga, sekarang ini bukan sekedar wisatawan lokal saja yang bertandang, banyak wisatawan dari Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Iran bahkan juga Irak pun seringkali berziarah untuk mendoakan beliau.

Puncak kekeramatan serta keramaian pada Makam Besar Habib Luar Batang umumnya berlangsung saat peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW dikerjakan. Seputar lebih dari 5000 peziarah tentu ada untuk menyemarakkan acara itu dengan kebiasaan khataman serta bersholawat bersamanya.

Kontraktor Kubah Masjid Jakarta

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi dibagian produksi kubah masjid yang sudah mempunyai pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel serta kubah masjid galvalum, kami turut memberikan service konsultasi kepada anda mengenai pembuatan,pengiriman, service pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi memiliki berbagai warna,berbagai ornamen dan design kubah masjid seperti kemauan anda. Kami memberikan harga kubah masjid sangat murah, terbaik, terjamin, amanah dan terpercaya. Kepercayaan dan Kesenangan anda adalah satu tentang yang penting untuk kami, oleh karena itu kami demikian memahami kepentingan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari kontraktor kubah masjid jakarta, tidak butuh bingung karena PT Anugerah Kubah Indonesia adalah jalan keluar terbaik. Cukuplah cuma kerjakan pemesanan, jadi semua yang berkaitan dengan pembangunan kubah akan diselesaikan sama juga dengan waktu yang dijanjikan.

Rate this post