Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Mewah di Dunia – Kontraktor Kubah Masjid

Masjid Mewah di Dunia – Kontraktor Kubah Masjid

Masjid Badshahi, Masjid Mewah di Dunia

Masjid Badshahi bisa dikatakan sebagai ‘Raja dari semua Masjid’ di Lahore. Masjid ini adalah masjid yang begitu populer di Lahore. Setiap saat anda berkunjung ke masjid ini, anda akan takjub dengan keagungannya.

Masjid ini adalah masjid paling besar dalam dunia saat hampir 313 tahun dalam riwayat. Saat 70 tahun pertama sesudah pembangunannya pada 1673, masjid ini diketahui cuma sebab ukurannya yang besar, serta tampak dari hampir 10 mil jauhnya.

Masjid ini konon dibuat pada 1671 sampai 1673, dibawah pengawasan Fida’i Khan Koka yang disebut saudara ipar Mughal Kaisar Aurangzeb serta gubernur Lahore. Sesudah dua tahun pembangunan, masjid dibuka pada 1673.

Kemegahan Masjid Badshahi di pengaruhi oleh Masjid Jamia Delhi yang dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan. Sebab ujung utara masjid Badshahi dibuat di selama pinggir sungai Ravi, mustahil menempatkan gerbang utara seperti yang dipakai di Masjid Jamia, serta gerbang selatan pun tidak dibuat untuk menjaga kesimetrisan masjid.

Masjid BadshahiSejarah dibangunnya Masjid Mewah di Dunia

Lantas, kenapa masjid ini dibuat di sini? Rujukan bersejarah memberitahu jika Masjid Badshahi awalannya direncanakan untuk mengawasi sehelai rambut Nabi Muhammad SAW. Beberapa orang yang tidak tahu bukti ini. Rujukan riwayat yang lain menjelaskan jika Aurangzeb bangun masjid untuk memperingati kampanye militernya menantang raja Maratha Chhatrapati Shivaji.

Sisi luar masjid dihiasi dengan ukiran batu yang kuat serta tatahan marmer di batu pasir merah. Ini yang membuat masjid tampak berlainan dari semua masjid masa Mughal yang lain. Perihal ini pula yang membuat masjid diketahui menjadi ‘raja masjid’.

Masjid Badshahi dibuat cuma beberapa ratus mtr. ke barat Benteng Lahore, serta saat itu Sungai Ravi mengalir di dekatnya. Masjid dibuat diatas panggung tinggi untuk hindari banjir waktu itu. Saat pembangunannya, rujukan bersejarah menjelaskan jika, Kaisar Mughal Alamgir Aurangzeb memerintah untuk tempatkan penghambat pada satu titik di sungai hingga air tidak mengalir dekat ke masjid serta masjid tidak rusak. Bersamaan dengan berjalannya waktu, sebab kendala yang diletakkan di sungai, sungai merubah palungnya serta saat ini Sungai Ravi tampak mengalir jauh.

Obyek wisata masjid mewah di Dunia

Masjid mewah di DuniaMasjid Badshahi ialah obyek wisata populer yang didatangi hampir beberapa ribu wisatawan sehari-harinya. Di akhir minggu masjid akan dipenuhi wisatawan dari semua Pakistan.

Semua tamu negara serta petinggi juga penting dibawa tour ke masjid megah yang terdapat di jantung Lahore ini. Segi lainnya yang menarik ialah jika Samadhi Maharaja Ranjit Singh pun dekat dengan masjid ini hingga menunjukkan contoh terunggul dari kerukunan beragama.

Sisi dalam masjid mempunyai ornament yang kaya di dekor stucco serta panel dengan motif fresco serta tatahan marmer. Di halaman, ada ruangan shalat yang mempunyai empat menara yang menggandakan empat menara di tiap-tiap pojok pinggir masjid.

Semua arsitektur ialah sinyal simetri yang diketahui dalam arsitektur Mughal. Ruangan shalat penting dibagi jadi tujuh sisi dengan memakai lengkungan multi-foil yang di dukung pada pilar-pilar berat. Tiga salah satunya memikul kubah ganda marmer putih sedang empat sisi yang lain tertutupi dengan kubah datar.

Dalam usaha untuk menggambarkan ciri-ciri pendirinya, beberapa arsitek mendesain masjid untuk pancarkan keberanian, keluasan serta keagungan. Dinding sudah dibuat dengan bata-bata kecil yang dibakar, tapi mempunyai finishing batu pasir merah. Jalan ke arah ruangan shalat sudah dibuat dengan marmer beragam warna.

Bilik disamping masjid mempunyai skema gema yang unik. Anda butuh berkunjung ke masjid untuk rasakan perihal itu.

error: Content is protected !!