Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Muammar Qaddafy di Sentul Bogor

Masjid Muammar Qaddafy di Sentul Bogor

Riwayat Masjid Muammar Qaddafy

Terlepas dari apa yang terjadi di Libya serta berbuntut pada terbunuhnya Muammar Qaddafy di kampung halamannya sendiri di kota Sirte pada tanggal 20 Oktober 2011 lalu, di Indonesia Muammar Qaddafy atau Muammar Khaddafi tinggalkan jejak berbentuk satu masjid istimewa di lokasi sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat. Masjid ini bernama Masjid Muammar Qaddafy karena diambil dari nama Presiden Libya Muammar Qaddafy yang menolong mendanai pembangunan masjid ini. Masjid ini adalah Islamic center dengan nama Qaddafy Islamic Center dipersingkat QIC seperti tercatat dengan tulisan besar di fasad muka masjid.

Awalnya Muammar Qaddafy sudah mendanai pembangunan masjid di kota Kampala, Uganda yang dinamakan sesuai namanya. Seperti dalam masjid Gadafi di Kampala yang dibuat di atas bukit Kampala tua, Masjid Muammar Qaddafy di Sentul dibuat di atas bukit. Masjid ini berada diatas bukit ditengah-tengah komplek perumahan Bukit Az-zikra serta sekarang jadi tempat majelis zikir Az-zikra pimpinan Ustadz Arifin Ilham. Tidak cuma masjid, lokasi ini diperlengkapi dengan sekolah Islam serta fasilitas simpatisan yang lain terhitung bangunan menara setinggi 57 meter yang dapat didatangi sampai ke pucuk menara memakai lift.

masjid muammar qaddafy sentul

Pembangunan Masjid Muammar Qaddafy

Semenjak Ustadz Arifin Ilham menggagas Majelis zikir Az-Zikra, rumah tinggalnya di wilayah Sawangan, Depok, selalu dipadati oleh jemaah pengajian yang hadir dari beberapa wilayah untuk ikuti majelis zikir yang di pimpinnya. Jamaah yang hadir tidak cuma dari lokasi Jabodetabek tetapi bahkan juga hadir di luar pulau jawa. Acara pengajian yang berjalan pada malam hari, tetap memacetkan jalanan, baik waktu datangnya beberapa jamaah Az-Zikra, atau saat mereka selesai ikuti acara zikir. Masjid yang ada juga makin tidak dapat menyimpan jamaah, bahkan juga sampai ke halaman masjid.

masjid muammar qaddafy sentul

Dengan suaranya yang serak serta parau itu, ustazd Arifin Ilham dapat menggetarkan hati beberapa hadhirin, yang rasakan makin dekat Allah Ta’ala, saat mereka turut pengajian serta jamaan dzikir Az-Zikra. saat berjalan acara dzikir itu, tidak dikit jamaah yang hadhir, selanjutnya mereka berurai air mata. Dari Sawangan, Depok yang telah sempit itu, Ustadz Arifin Ilham selanjutnya membuat pusat pergerakan dzikir baru yang lebih refresentatif di Sentul, tidak jauh dari jalan Tol Jagorawi.

Pembangunan tahap pertama Masjid serta Gaddafi Islamic Center di Sentul Selatan, Bogor usai ditangani pada bulan Februari 2009. Qaddafi Islamic Center sebagai pusat ceramah Islam itu dibuat di atas tempat seluas 12.600 mtr. persegi terbagi dalam bangunan Masjid, convention hall dan lengkap dengan menara setinggi 57 meter serta diperlengkapi dengan lift serta air mancur. Masjid berlantai tiga ini mampu menyimpan 22 ribu jamaah sekaligus.

Arsitektur Masjid Muammar Qadafy

masjid muammar qaddafy sentul

Masjid Muammar Qaddafy di desain oleh arsitek Muhammad Fanani, yang disebut adik ipar dari bekas ketua PP Muhammadiyah Amin Raies. Beliau menggabungkan arsitektur masjid universal dengan ciri arsitektur Indonesia yang tropis. Ciri-ciri arsitektural masjid dengan universal dilambangkan dengan Kubah, portal lengkung, menara serta bintang bintang sisi delapan dan kaligrafi. Sesaat atap masjid berupa limas adalah arsitektural asli Indonesia.

Rate this post