Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Raya Nurussa’adah – Kontraktor Kubah Kupang

Masjid Raya Nurussa’adah – Kontraktor Kubah Kupang

Masjid Raya Kupang

Masjid Raya Nurussa’adah Kupang terlihat kusam, cat temboknya berwarna putih mulai terkelupas di sekekilingnya. Tampak lebih buruk kembali bila pandangan mata ditempatkan ke pagar temboknya, kotor.

Masjid menjadi tempat beribadah semestinya megah. Rumah pribadi saja oleh penghuninya dibikin bagus. Jadi, rumah beribadah mesti megah serta bersih yang memberi deskripsi jika tempat tesebut suci serta bersih, papar Gubernur Nusa Tenggara Timir, Frans Lebu Raya, saat bicara pada pencanangan kelanjutan pembangunan serta peningkatan masjid Raya Nurussa’adah.

Pengakuan Gubernur NTT ini pasti buat umat Muslim begitu menyejukkan. Ditambah lagi disampaikan seseorang kepala daerah yang kebetulan beragama Katolik. Jika rumah beribadah mesti lebih baik dari rumah rumah, sebenarnya telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW saat bangun Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Raya Nurussa'adahFrans Lebu Raya mengerti benar akan keperluan umat Islam, yakni kedatangan satu masjid raya di kota Kupang. Karenanya, dia memberi dukungan serta janji menolong dengan dana yang besarnya tidak dijelaskan.

Di bagian lainnya Frans Lebu Raya ajak umat Muslim untuk sama-sama bergandeng tangan pelihara kerukunan yang telah baik di propinsi itu. Karena, pembangunan dapat berjalan baik manakah saat kerukunan serta sama-sama pemahaman ada di dalam penduduk NTT yang pluralistik.

Di Provinsi NTT, formasi penganut agama ialah 55 % umat Katolik, 35 % umat Protestan, Islam seputar delapan % serta yang lain Buddha serta Hindu. Keseluruhan masyarakat NTT saat ini diprediksikan berdasar pada data dari Tubuh Pusat Statistik (BPS) 2009 lantas seputar 4, 7 juta jiwa.

Awal mulanya, pimpinan Yayasan Masjid Raya serta Pusat Dakwah Nurussa’adah Kupang, H. Moh. Djafar mengatakan jika pembangunan masjid itu digagas beberapa tokoh umat Islam, diantaranya: Sayyid H. Muhammad Alhabsy, HOS Badjideh, H. Saleh Mandaka, H. Manyur Syah arkiang, H. Birando bin Tahir, H. Abdusyukur Ibrshim Dasi, H. Mahyan Amaraja, H. Salim bin Muhammad Djawas serta ada banyak beberapa tokoh umat Muslim yang bangun masjid itu.

Pembangunan Masjid Raya Nurussa’adah

Pembangunan masjid tersebut diawali pada 1962 serta mendapatkan suport dari Bupati Kupang W.C.H. Oematan yang menghibahkan tanah untuk tempat masjid seluas 3.419 mtr. persegi.

Dia menjelaskan, waktu awal penerapan pembangunan masjid itu didahului pembersihan tempat serta pengurukan yang menyertakan umat Kristen, Katolik serta Protestan di lokasi itu. Keterkaitan umat lainnya dalam memulai pembangunan masjid itu, kata Djafar yang jadi saksi bersejarah, begitu mengharukan. Masalahnya dengan terbatasnya dana serta suport berbentuk tenaga pada akhirnya masjid itu berdiri di dalam kota Kupang.

Dia mengaku, umat Muslim di NTT termasuk minoritas. Cuma seputar delapan % dari keseluruhan masyarakat NTT. Walau demikian, semangat kebersamaan serta kerukunan di daerah ini menggembirakan.

Berkaitan dengan masjid tersebut, dia mengaku sudah alami pasang surut. Berarti, pembangunannya terkadang alami kelancaran akan tetapi ada saatnya ada pada titik terbawah sebab ketiadaan dana.

Pada 1965 yang lalu, pembangunan masjid itu berhenti sebab momen G 30 S PKI serta kebijaksanaan pemotongan nilai uang rupiah dan keadaan kesusahan ekonomi nasional serta daerah saat itu.Pembangunan masjid dilanjitkan kembali ke 1973-1974 oleh beberapa tokoh umat Islam.

Lalu, tuturnya, sesudah momen keonaran Kupang, November 1998, dikerjakan perbaikan di bawah pimpinan yayasan HOS Badjideh serta Saleh abubakar, dengan team pembangunan diantaranya Ir. H. Jamin Habid, H. Moh. Djafar, H. Habib A. Pandai, Idin Baun. Sayang, pada 2001 pembangunan berhenti sebab beberapa masalah yang ditemui yayasan serta team pembangunan.

Karenanya, pembangunan masjid Nurrrussa’adah diteruskan kembali yang diikuti penempatan batu pertama oleh Menteri Agama Suryadharma Ali. Masjid mesti bagus, sebab jadi menghadap pada Allah sebagai tempat menimba pengetahuan.agama, bermusyawarah serta pusat dakwah, kata Suryadharma Ali bersama dengan Menteri Perumahan Rakyat, Suharso Monoharsa yang turut memberi sebesar Rp 200 juta atas nama partai.

 

Menag menyongsong senang lanjutan pembangunan masjid itu mendapatkan suport dari semua pihak. Termasuk juga Walikota Kupang Daniel Adoe yang memberi keringanan berbentuk perizinan serta pertolongan uang sebesar Rp 50 juta.

Ketua Umum Panitia Pembanguan Masjid Nurussa’adah Kupang, Jamin Habid menuturkan jika keperluan dana berdasar pada perancangan Perancangan Biaya Cost (RAB) keperluan untuk keseluruhnya item pekerjaan kelanjutan sebesar Rp 5,5 miliar.

Karenanya, dia mengharap semua pihak bisa menolong buat lanjutan pembwngunan masjid itu. Ke depan, Masjid Raya Nurussa’adah Kupang bisa digunakan menjadi pusat dakwah serta pekerjaan sosial yang lain.

Tapi, yang lebih terpenting kembali ialah tidak hanya masjid Nurussa’adah berstatus Masjid Tingkat Provinsi NTT, menurut Menag bisa berperan menjadi beribadah berbentuk shalat, zikir, pusat bersilahturahmi, tabligh besar, pusat pendidikan, pengajaran, pusat info Islam ran keummatan, pusat analisis serta kegiatan ekonomi serta keuangan syariah.

Dengan begitu Islam, dengan masjid Nurussa’adah di dalam kota Kupang bisa memberi kesejukan serta kedamaian buat semua umat. Islam di kota Kupang diinginkan menjadi pembawa rahmatul alamin.

Kontraktor Kubah Masjid

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan.

Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda. Banyak hal yang butuh anda kenali sebelum anda memastikan kontraktor yang akan anda yakin dalam pembuatan kubah masjid anda :

1) Bahan yang Berkualitas

Anda mesti memperhitungkan dulu bahan kubah masjid anda sebelum memastikan kontraktor kubah yang anda yakin, sebab perihal ini begitu terpenting sekali anda kenali supaya nanti kubah yang akan anda pasang mempunyai bahan atau susunan kerangka terunggul, dengan bahan besi terunggul serta kuat.

2) Tenaga Kontraktor Kubah Masjid yang Profesional

Dalam pembuatan kubah masjid adalah proses yang menuntut kecermatan serta ketelitian dari kontraktor kubah . Oleh karenanya kompetensi pengrajin sangat diperlukan serta sifatnya terpenting. Jika seseorang pengrajin tidak mempunyai ketrampilan yang oke di bagian kerajinan kubah masjid jadi disangsikan kualitas dari kubah masjid. Dengan demikian, kita akan tahu ketrampilan seseorang pengrajin Kubah masjid atau Kontraktor Kubah Masjid yang telah trampil,memiliki pengalaman serta profesional dalam kerja.

3) Harga Kubah Masjid Murah serta Terjamin Mutunya

Perihal yang setelah itu anda pikirkan ialah harga kubah masjid dengan kualitas terunggul, di mana dalam penetapan bahan,team pemasang atau kontraktor kubah, serta harga kubah masjid butuh anda kenali, dengan demikian anda akan memperoleh semua serta kenikmatan anda pada berencana pembuatan kubah masjid yang kuat,elegan serta bergaransi.

PEDOMAN MEMILIH MOTIF KUBAH MASJID…..!!!

1) Keadaan Alam Seputar

Dalam perihal ini, keterikatan pada keadaan alam dengan penentuan motif kubah sangat erat bila disaksikan dari bagian keindahan serta keserasiannya. Alam Indonesia sejumlah besar didominasi oleh rimba akan jadikan penentuan kubah menjadi perihal terpenting untuk bikin tempat masjid dapat didapati dari jarak jauh. Seperti dalam dengan daerah pegunungan yang semakin lebih baik bila anda menempatkan kubah pada suatu masjid dengan pilih motif kubah yang didominasi warna hijau. Diluar itu, bila satu masjid berada di pesisir pantai, jadi lebih baik bila anda pilih satu kubah masjid yang motifnya didominasi dengan warna putih.

2) Kebiasaan Masyarakat Seputar

Satu kebiasaan yang berkembang di lokasi ditempat memberi patokan buat pihak masjid yang inginkan untuk pilih motif kubah masjid. Dapat disebutkan jika tiap-tiap grup penduduk mempunyai keyakinan semasing atas dilarangnya beberapa warna spesifik untuk diterapkan pada suatu kubah. Butuh anda kenali jika tiap-tiap daerah ikut mempunyai keunikan sendiri, hingga penentuan kubah dapat didasarkan atas nilai kekhasan daerah semasing.

3) Kerjakan Konsultasi Dengan Pihak Berkaitan

Saat anda ingin akan memutus untuk pilih motif kubah masjid, semakin lebih baik bila anda mengkonsultasikannya dengan pihak berkaitan, apa itu pihak masjid dengan menyertakan penduduk seputar atau pihak kontraktor yang akan menolong dalam merampungkan pembuatan pemasangan kubah. Dengan lakukan konsultasi, jadi anda akan temukan motif kubah yang sama dengan design arsitektur exterior kubah itu.

Rate this post