Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Sidi Uqba Bin Nafi Afrika Utara

Masjid Sidi Uqba Bin Nafi Afrika Utara

Masjid Sidi Uqba Al Jazair

Salah satunya bangunan masjid yang populer di Al-Jazair ialah Masjid Sidi Uqba. Masjid ini dibuat pada tahun 1025 Masehi atau 416 Hijriyyah. Dilihat dari pembangunan Masjid Sidi Uqba, masjid ini termasuk masjid yang umurnya telah tua. Persisnya pembangunan itu saat masa kekuasaan Dinasti Zirid. Sidi Uqba sendiri adalah satu kota kecil yang ada di Biskara Aljazair Afrika Utara. Tempat ini adalah dimakamkannya Uqba Bin Nafi saat lakukan pertarungan menantang pasukan pemberontak yang ada di bawah pasukan Koceila. Uqba Bin Nafi sendiri adalah seorang yang begitu di hormati serta disegani oleh orang yang lain sebab beliau adalah orang terpandang dengan jabatannya menjadi Gubernur Ifriqiya.

Tempatnya sendiri persisnya ada di samping selatan kota Tehouda seputar 6 km serta dari samping timur kota Biskara seputar 20 km pada jalan Khengat Sidi Nadji, Sidi Uqba, Biskara Aljazair. Dengan diawali kata ‘sidi’ sebab datang dari kata sayyidina. Masjid Sidi Uqba yang populer dengan bangunan masjid paling tua di Aljazair ini tidak cuma dipakai untuk melaksankan beribadah kaum muslim tapi pun umumnya di datangi oleh beberapa pengunjung untuk berziarah terpenting ke makam Uqba Bin Nafi.tidak cuma masyarakat seputar yang umumnya teratur berziarah, tapi beberapa kota di Aljazair bahkan juga sampai pengunjung dari mancanegara. Makam Uqba Bin Nafi mempunyai daya tarik sendiri sebab tetap dikunjungi oleh beberapa peziarah.

Masjid Sidi Uqba Bin Nafi Al Jazair

Tidak hanya beberapa muslim yang mendatangi makam Uqba Bin Nafi, beberapa non muslim pun kadang didapati hadir ke makam itu untuk sekedar berziarah atau cuma ingin berkunjung ke salah satunya tempat yang mempunyai nilai riwayat itu. Mempunyai nilai yang terpenting serta riwayat sebab Uqba Bin Nafi sendiri adalah seorang yang sebarkan agama Islam dan perubahan agama islam di sebarkan oleh beliau hingga menyebar di beberapa kota sampai di benua Afrika.

Arsitektur Masjid Sidi Uqba Bin Nafi

Dilihat dari arsitektur masjid uqba Bin Nafi, masjid ini mempunyai design yang begitu simpel tetapi masih mempunyai cirri ciri khas dengan ukurannya yang luas serta tetap tampak bersih. Bangunan masjid Uqba Bin Nafi tertutupi oleh adukan semen putih serta dalam masjid ini tidak bisa di ketemukan hiasan atau material yang begitu elegan seperti bangunan masjid yang umumnya berada di Timur Tengah terutamanya di Turki. Bila dilihat, denah masjid Uqba Bin Nafi seperti denah masjid Nabawi yang ada di Madinah. Sedang untuk memudahkan supaya barisan atau shaf shalat lurus, jadi dibuat beberapa tiang-tiang yang ditinggikan seputar 10 cm. Dalam bangunan masjid itu pun terdapat batang pohon kurma yang dipakai pada kolom-kolom masjid dan di tutupi oleh adukan semen putih. Tidak cuma dibuat menjadi kolom, kolom-kolom itu pun mempunyai tujuan untuk menolak setiap lengkungan sisi dalam masjid. Pada olom itu pun ada hiasan yang sudah dibuat dari adukan semen putih akan tetapi membuahkan karya yang begitu menarik.

Interior Masjid Sidi Uqba Bin Nafi Al Jazair

Di bagian mihrab masjid Uqba Bin Nafi dibikin dengan lengkungan besar berhias adukan semen putih kembali dengan motif geometris akan tetapi mempunyai warna yang cantik yakni kombinasi dari warna merah serta hijau. Mihrab itu ditambah lagi ukiran yang tidak teratur akan tetapi begitu indah dan ada satu kubah setengan lingkaran ada diatas mihrab.

Ada dua kubah yang semasing ada diatas ruangan penting shalat sedang kubah satunya berda di pemakaman Uqba Bin Nafi persisnya menutupi bangunan makam itu. Walau bangunan masjid ini sangatlah tua serta tidak ada beberapa hiasan yang elegan, akan tetapi masjid Uqba Bin Nafi tetap didatangi oleh beberapa jamaah.

error: Content is protected !!