Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Taj Mahal di India

Masjid Taj Mahal di India

Sejarah Masjid Taj Mahal

Nama Taj Mahal sangatlah popular sampai seluruh dunia. Taj Mahal sendiri adalah satu komplek yang begitu luas serta terbagi dalam beberapa bangunan, seperti pada bagian timur ada satu istana Kesultanan Mughl, di samping barat ada masjid yang demikian istimewa serta bangunan Taj Mahal tersebut. Ke-3 bangunan itu dibuat dengan simetris yang tempatnya berdekatan dari bangunan satu dengan bangunan yang lain. Tidak cuma bangunan itu, dimasing-masing bangunan ada pelataran serta taman yang demikian luas. Saat pertama-tama berkunjung ke Taj Mahal mungkin sedikit akan memusingkan sebab bangunan masjid serta bangunan istana peristirahatan adalah dua bangunan yang begitu persis serta susah bila memperbedakan ke-2 bangunan itu di luar.

Masjid Taj Mahal ada disamping barat bangunan mausoleum Taj Mahal serta bangunan itu menghindarkan mengarah makam sebab hal tersebut dilarang dalam agama islam. Masjid istimewa ini dibangun dengan kombinasi seni ciri khas Dinasti Mughal, Persia serta arsitektural islam. Keindahan masjid Taj Mahal mengundang beberapa pelancong lokal sampai luar negeri untuk hadir nikmati keindahan bangunan istimewa ini ditambah lagi terdapatnya sungai Yamuna yang makin percantik bangunan masjid Taj Mahal.

Keelokan masjid Taj Mahal tidak terlepas dari riwayat yang terukir di India. Majid yang dibuat pada tahun 1632 serta usai pada tahun 1652, adalah satu proyek besar serta memperkerjakan beberapa ribu pekerja bangunan serta beberapa pekerja seni yang mengatasi pembuatan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an, Asmaul Husna sampai ukiran ornament bercorak islami yang menghiasi hampir semua bagunan. Arsitektur masjid Taj Mahal ialah Isa Muhammed yang menggenggam fungsi penting dalam pembangunan masjid.

Masjid Taj Mahal

Riwayat Pembangunan Masjid Taj Mahal

Pembangunan Masjid Taj Mahal hampir bertepatan dengan Mausoleum Taj Mahal. Pada tahun 1631 Seseorang ratu yang bernama Ratu Mumtaz Mahal wafat lalu jenazahnya sesaat waktu disemayamkan di ruang seputar bagian tembok Taj Mahal. Makam itu kelihatan adanya sinyal batu pualam ditinggikan yang memiliki ukuran sama juga dengan makam itu. Serta pada tahun yang juga sama kopleks Taj Mahal mulai dibuat selesai pada tahun 1648, sekejap sesudah itu jenazah Ratu Mumtaz Mahal dipindahkan ke Taj Mahal.

UNESCO bahkan juga sampai memberikan hadiah titel Permata Islam pada bangunan Tajmahal, atas animo pada keindahan bangunan, dan warisan kuno, yang diberi pada tahun1983.

Arsitektur Masjid Taj Mahal

Arsitektur Masjid Taj Mahal begitu istimewa walau bahan bangunannya memakai batu pasir merah. Masjid itu diperlengkapi dengan empat menara di masing-masing pelosok masjid yang mempunyai bentuk sisi delapan dengan dilapis oleh batu pualam begitu halus. Diluar itu ada kubah yang begitu elegan sejumlah tiga buah, kubah itu dilapis oleh pualam putih. Warga Indonesia umumnya menyebutkan jadi kubah bawang.

Interior Masjid Taj Mahal

Dibagian pucuk kubah ada hiasan dengan memakai ornament seperti kuntum bunga teratai terbalik yang begitu unik serta cantik. Pada intinya kubah masjid Taj Mahal sama dengan kubah yang ada di Masjid Jami Delhi yang disebut kubah yang begitu cantik serta prima dengan bagian bawahnya berbentuk silinder.

Pada lantai Masjid Taj Mahal jelas tercipta dari sajadah yang memiliki bahan batu pualam yang begitu halus sebab telah digosok permukaannya dengan cermat serta cukup lumayan lama. Ada pula mihrab yang dihias dengan kaligrafi Al-Qur’an dari surah As-Syams dan di bagian bagian kanan mihrab ada mimbar masjid yang terbuat dari batu pualam yang halus.

error: Content is protected !!