Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Wisata Religi Ramadhan yang Ramai Dikunjungi Saat Bulan Suci

Masjid Wisata Religi Ramadhan yang Ramai Dikunjungi Saat Bulan Suci

Masjid Wisata Religi Ramadhan – Salah satu hal yang paling sering dilakukan pada bulan Ramadhan, yaitu mengunjungi masjid dan menjadikan masjid sebagai destinasi wisata religi. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan seperti mengisi waktu menunggu berbuka atau beribadah sholat berjama’ah.

Indonesia sebagai negara dengan Muslim terbanyak di Dunia pasti memiliki banyak masjid dengan keragaman dan keunikan di setiap daerah masing-masing. Berikut ini telah kami rangkum 5 masjid dengan peminat wisata religi terbanyak saat bulan ramadhan tiba.

  1. Masjid Istiqlal, DKI Jakarta
masjid istiqlal dki jakarta
Masjid Istiqlal, DKI Jakarta. (gambar : www.tirto.id)

Merupakan salah satu masjid paling terkenal di Indonesia. Masjid Istiqlal dibangun pada tahun 1951 tepat didepannya ada bangunan gereja katedral yang melambangkan unsur toleransi antar umat beragama. Masjid Istiqlal juga terkenal merupakan masjid yang paling besar di Asia Tenggara dan mampu menampung hingga 200.000 jama’ah.

Masjid Istiqlal tidak hanya dipakai sebagai tempat beribadah saja. Namun, juga dipakai oleh para musafir sebagai tempat persinggahan yang sedang datang ke Jakarta. Fasilitas masjid Istiqlal juga terbilang lengkap dan sangat baik.

Baca Juga : Masjid Raya Abdul Kadim, Masjid Viral di Musi Banyuasin

Saat Bulan Ramadhan tiba, pengunjung masjid Istiqlal menjadi semakin banyak dan bertambah disetiap harinya. Banyak acara keagamaan yang dilakukan di masjid Istiqlal seperti kajian rutin, tadarus Al-Qur’an hingga acara buka bersama yang rutin diadakan.

  1. Masjid Agung, Jawa Tengah
masjid agung jawa tengah
Masjid Agung, Jawa Tengah (gambar : eksekutifnews.com)

Masjid yang diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden ke-4 Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Masjid ini merupakan salah satu wisata religi yang cukup ramai dikunjungi, tak terkecuali diluar pada bulan Ramadhan sekalipun.

Jika Anda datang di hari jum’at dan sedang dalam cuaca cerah, Anda akan merasakan suasana selayaknya ada di Masjid Nabawi di Kota Madinah, karena enam payung berukuran raksasa yang ada di depan masjid dibuka.

  1. Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah
masjid menara kudus jawa tengah
Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah (gambar : wikipedia.id)

Masjid Menara Kudus ini dibangun oleh Sunan Kudus, salah satu Wali yang tersohor dengan nama sebutan Wali Songo ini dibangun pada tahun 1549. Batu pertama yang ditaruh sebagai bangunan masjid berasal dari Baitul Maqdis atau yang banyak disebut sebagai Masjid Al-Aqsha di Kota Yerussalem.

Baca Juga : Megah dan Indahnya, Masjid Agung Syahrun Nur Sipirok

Bangunan masjid ini termasuk unik, karena jika dilihat dari bangunan dan arsitekturnya merupakan perpaduan antara budaya Islam dan Hindu. Masjid ini berwarna merah bata dengan menara masjid yang mirip dengan bangunan candi. Masjid sederhana yang terkenal di Jawa Tengah ini bisa dijadikan tempat wisata sejarah dan Religi.

  1. Masjid Agung Demak, Jawa Tengah
masjid paling ramai ramadhan
masjid paling ramai ramadhan

Masjid ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Indonesia. Dibangun oleh Raden Patah dari Kerajaan Demak dibantu oleh para Wali Songo pada abad ke-15 Masehi tepatnya ditahun 1479. Lokasi masjid ini tepat di depan alun-alun dan pusat keramaian Demak.

Sesuai dengan namanya, masjid ini terkesan agung dan sederhana dengan tampilan tradisional yang khas dan menawan membuat orang yang melihat tidak bosan dan menjadi khusyuk saat beribadah. Dahulunya, masjid Agung Demak ini menjadi tempat berkumpulnya para Wali Songo dalam menyebarkan agama Islam saat itu.

  1. Masjid Baiturrahman, Nangroe Aceh Darussalam
masjid paling ramai ramadhan
masjid paling ramai ramadhan

Selanjutnya ada masjid indah yang berada di Aceh, yaitu Masjid Baiturrahman. Berdiri dan dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandaar Muda Aceh. Pada tahun 2014, masjid ini terkena bencana alam tsunami namun kondisinya tetap baik-baik saja, Subhanallah.

Masjid ini mempunyai tampilan yang sederhana tapi terkesan dinamis dengan warna putih dan kubah berwarna hitam. Di depan area masjid ada kolam air mancur sebagai hiasan untuk tampilan masjid lebih cantik. Masjid Baiturrahman merupakan salah satu ikon wisata yang wajib Anda kunjungi di bulan Ramadhan.

Nah, itulah 5 masjid yang wajib diketahui sebagai referensi saat berkunjung ke beberapa wilayah tersebut dan merupakan masjid paling ramai saat ramadhan. Dengan tampilan masjid yang indah, megah, dan menawan ataupun sederhana membuat para pengunjung merasakan kenyamanan dan kekhusyukan saat beribadah.

Selain itu, dengan berkunjung ke tempat-tempat religi juga membantu para pengunjung untuk flashback ke masa lalu dengan wisata sejarahnya dan bisa merenungkan untuk mempelajari lebih lanjut agama Islam lewat bangunan tersebut alias wisata religinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!