Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Sejarah Masjid Tiban Turen di Malang, yang Konon Dibangun Semalam, Benarkah??

Sejarah Masjid Tiban Turen di Malang, yang Konon Dibangun Semalam, Benarkah??

Sejarah Masjid Tiban Turen – Masjid Tiban dulunya adalah sebuah Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Terletak di daerah di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama yang cukup panjang yang mempunyai makna Laut Madu atau, “Fadilah Rohmat” (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-terjemahan Bahasa Jawa).

Asal Mula Kemegahan Masjid Turen 

Disebut Masjid tiban karena Konon masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar. Menurut mitosnya dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Namun, saat dikonfirmasi dikatakan bahwa awalnya masjid ini merupakan bangunan pondok pesantren. Semua pengerjaan bersifat transparan karena dibangun oleh santri dan jamaah.

Bantahan dari pihak masjid itu jelas sekali terpampang di depan meja penerima tamu dengan tulisan besar-besar. “Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban, dibangun oleh jin dan sebagainya, ternyata itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.”

Sejarah Masjid Tiban Turen ini Ternyata Adalah?

sejarah-masjid-tiban-turen-malang-jual-kubah-masjid-malang-2

Sejarah Masjid Tiban Turen ini adalah bangunan Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978. Masjid ini dibangun oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Beliau yang akrab disapa sebagai Romo Kiai Ahmad.

Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai 4 digunakan sebagai tempat kegiatan Santri Pondokan. Lantai 6 jadi ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat banyak toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati.

Berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.

Tak hanya unik, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek ponpes itu juga terdapat berbagai jenis binatang seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung.

Siapa Arsitek Dari Masjid Tiban Turen, Malang?

sejarah-masjid-tiban-turen-malang-jual-kubah-masjid-malang-2

Arsitek dari pembangunan Masjid Tiban Turen ini bukanlah seseorang yang belajar dari ilmu arsitektur perguruan tinggi. Melainkan hasil dari istikharah pemilik pondok, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. Karenanya, bentuknya menjadi sangat unik, seperti perpaduan timur tengah, china dan modern.

Untuk pembangunannya pun tidak menggunakan alat-alat berat dan modern seperti halnya untuk membangun gedung bertingkat. Semuanya dikerjakan oleh para santri yang berjumlah 250 orang dan beberapa penduduk di sekitar pondok. Romo Kiai sudah mulai membangun pondok dengan material apa adanya. Contohnya, waktu itu adanya baru batu merah saja maka batu merah itulah yang dipasang dengan luluh dari tanah liat.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil. Maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Jual Kubah Masjid Malang – Qoobah PT. Anugerah Kubah Indonesia

masjid-perum-graha-amerta-gresik
Masjid Perum Graha Amerta, Gresik (Qoobah.co.id)

PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan Kontraktor Kubah Masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Kami sudah dipercaya untuk mengerjakan ribuan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia bahkan hingga ke Asia Tenggara, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN.

Qoobah juga melayani Jual Kubah Masjid Terbaik dan berkualitas premium dengan berbagai macam pilihan produk diantaranya adalah Kubah Masjid Enamel, Kubah Masjid Galvalum, dan Kubah Masjid Stainless Gold. Masing-masing produk kubah masjid tersebut memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan keinginan kustomer.

Kami berkomitmen untuk menjadi Produsen Kubah Masjid Terbaik dan Terbesar se-Asia Tenggara dengan dibuktikan oleh produk kubah masjid kami yang berkualitas premium dan dengan pelayanan yang terbaik. Percayakan kubah masjid Anda bersama kami, PT. Anugerah Kubah Indonesia.

Baca Juga : Cari Produsen Kubah Masjid Terbaik? Ini Ciri-cirinya!

Klik tombol dibawah jika ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan pembangunan kubah masjid, kami siap membantu perencanaan kubah masjid Anda dengan sepenuh hati secara gratis. Dapatkan juga penawaran spesial dari kami, bonus alat penangkal petir dan lampu sorot.

error: Content is protected !!