Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Tiga Arsitektur Masjid Termegah di Dunia

Tiga Arsitektur Masjid Termegah di Dunia

Arsitektur Masjid Termegah di Dunia

Bangunan yang megah dengan mempunyai arsitektur yang indah adalah satu diantaranya ciri dari satu peradaban yang cemerlang di waktu lampau. Tapi, saat ini dengan tehnologi moderen yang mutakhir, di negara mana saja dapat bangun satu bangunan yang megah serta indah.

Diantaranya ialah bangunan tempat beribadah umat Islam, yakni Masjid. Sekarang ini bangun satu masjid yang megah dengan arsitektur yang begitu indah dapat dikerjakan dengan pertolongan tehnologi moderen yang mutakhir. Bangunan masjid yang megah saat ini bukan kembali cerminan dari majunya peradaban satu bangsa atau negara itu. Sebab manfaat utuh dari masjid telah terpangkas oleh satu ketentuan dalam satu negara itu. Jadi masjid hany sebatas jadi tempat beribadah serta arah wisata religi. Berlainan saat di zaman dulu, masjid tidak hanya jadi tempat beribadah, pula jadi pusat pemerintahan untuk kejayaan Islam.

Ide bangunan Masjid dengan aritektur yang indah serta cemerlang sekarang ini dapat jadi fasilitas bertafakkur, jika Islam suka pada keindahan serta melestarikan budaya serta seni yang baik. Masjid dengan arsitektur yang indah tersebut dapat jadi satu taddabur akan Maha Agungnya Allah SWT.

1. Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid yang terdapat di kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dibangun dengan bahan bangunan masjid semuanya dari batu pualam putih. Popular dengan panggilan Masjid seribu pilar, dikarenakan memang benar ada 1000 pilar sebagai hiasan dari ekterior Masjid Agung Sheikh Zayed.

Masjid Agung Sheikh Zayed

Masjid dengan luas 22.412 meter persegi, pembangunannya dikerjakan saat sepuluh tahun. Hingga populer mempunyai arsitektur Islam yang fantastis. Dominasi warna putih di bagian dalam masjid terlihat indah dengan ukiran warna emas. Ada 96 pilar dalam masjid dilapis dengan mutiara serta emas. Design kubah bergaya Maroko serta interior masjid dengan daya tampung jamaah 40.000 jamaah, terlihat begitu elegan dengan style ciri khas ornament Maroko.

2. Masjid Sheikh Lotfollah

Masjid yang ada di kota Isfahan, Iran ini dibuat dengan bahan gabungan batu piruz serta material keramik. Masjid dengan dominasi warna biru keunguan jadi keunikan Masjid Sheikh Lotfollah.

Masjid Sheikh Lotfollah

Arsitektur masjid ini begitu susah hingga jadi satu diantaranya masjid di negara Iran yang mempunyai arsitektur cemerlang hingga masuk dalam rincian satu diantaranya masjid dengan arsitektur fantastis di dunia. Arsitektur Masjid Sheikh Lotfollah berhaya Persia dengan sentuhan classic ciri khas kerajaan Romawi.

3. Masjid Nabawi

Masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad Shollalahu alaihiwasalam, saat ini diperluas jadi 100 meter persegi. Masjid yang ada di kota Madinah, Arab Saudi jadi arah beribadah umat Islam saat Haji serta Umrah. Masjid yang dapat menyimpan 500 ribu jamaah belum pernah sepi dengan jamaah dari semua seluruh dunia.

Masjid Nabawi

Arsitektur masjid ini yang sangat popular ialah 250 payung raksasa yang terpasang pada pilar-pilar sisi luar masjid. Ornament ciri khas Timur Tengah menghiasi 250 payung raksasa itu. Payung raksasa itu bukan hanya menjadi arsitektur ciri khas tapi pula mempunyai manfaat drainase serta pencahayaan otomatis hingga jamaah masih nyaman dalam melaksanakan ibadah di dalam Masjid Nabawi.

error: Content is protected !!