Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Tiga Masjid Terunik di Asia Tenggara

Tiga Masjid Terunik di Asia Tenggara

1. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin – Putrajaya Malaysia

Masjid dengan nama Tuanku Mizan Zainal Abidin terdapat di Jalan Tuanku Abdul Rahman, Presint 3, Putrajaya, Lokasi Persekutuan Putrajaya, Malaysia. Putrajaya adalah satu kota baru yang mandiri, dibuat oleh pemerintah Malaysia menjadi lokasi pusat pemerintahan yang baru, menukar pusat pemerintahan awal mulanya di Kuala Lumpur. Kebijaksanaan itu membuat Malaysia jadi salah satunya negara dalam dunia yang sempat mengalihkan pusat pemerintahannya.

Pada saat prosesi perpindahan ibukota pemerintahan dari Kuala Lumpur ke kota Putrajaya, tidak hanya bangun gedung-gedung pencakar langit yang baru, pemerintah Malaysia pun bangun dua masjid megah di kota pusat pemerintahan itu yakni Masjid Putera serta Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin.

Mushola Tuanku Mizan Zainal Abidin juga kerap di panggil dengan “Mushola Besi”, hal ini karena beberapa bahan penting bangunan mushola memang berasa dari besi dari beberapa tipe, mulai dari material konstruksi sampai ke ornament-ornamen eksterior atau interior bangunannya.

Mushola ini ada di tepi danau buatan di Jln. Tuanku Abdul Rahman. Keelokan maksimal dari mushola ini akan terpancar jika kita melihatnya dari sebearang danau. Akan kelihatan cerminan di atas danau dari mushola yang di menghiasi beberapa lampu yang terang. Kontraktor penerapan pembangunan Mushola ini di tangani oleh Perbadanan Putrajaya.

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin

2. Masjid Telok Manok – Masjid Tertua di Thailand

Di Negara Thailand, tepatnya di provinsi Narathiiwat yang disebutkan salah satu empat provinsi yang berada di lokasi selatan Thailand, berdirilah satu mushola berbahan baku kayu yang sudah berumur lebih dari 300 tahun. Mushola itu diartikan dengan mushola “Telok Manok” atau juga dikenal bernama mushola “Taloh Manoh”, mushola “Wadi Hussein”, mushola “Talo Mano”, dan mushola “Al-Hussein”.

Menurut kisah yang menyebar dimasyarakat, mushola Telok Manok sudah berdiri sejak tahun 1768, dan membuat jadi mushola paling tua di Thailand sampai saat ini. Nama “Telok Manok” sendiri dipungut dari nama dusun tempat dibikinnya mushola ini, satu dusun kecil yang ada kurang lebih 25 Km dari ibu-kota provinsi Narathiwat.

Sedang nama “Al-Hussein” dipungut dari ulama yang telah sebarkan agama islam waktu itu didaerah dusun Telok Manok. Beliau juga disebut jadi pendiri mushola berbahan baku kayu itu.

Warga sekitar yakini bila mushola ini telah dibikin di tahun 1768 di pengujung waktu kekuasaan kesultanan “Patani”. Untuk siapakah pendirinya memang tetap perlu ditelaah seterusnya, karena sampai saat ini beberapa peneliti juga tidaklah bisa pastikan siapakah pendiri mushola itu. Namun, warga sekitar yakini bila ulama yang namanya Wan Hussein Az-Sanawi atau Al-Hussein adalah pendiri atau perenovasi mushola itu di tahun 1960-an. Ditambahkan lagi, beberapa sejarawan disana telah sepakat bila Al-Hussein memang menjadi pendiri mushola itu, dilihat dari kisah bila beliau telah memiliki peranan besar dalam penebaran agama islam disana.

Didekat mushola Telok Manok ada satu sungai sama air yang demikian jernih dan kabarnya digunakan jadi tempat berwudhu oleh jemaah Al-Hussein pada zaman dahulu. Sampai saat ini, mushola Telok Manok tetap dipakai secara baik jadi tempat melaksanakan ibadah walaupun umurnya sangat tua. Bahkan, pembaruan keseluruhnya pun tidak ditangani oleh warga sekitar, untuk jaga nilai kisah yang dimili mushola ini.

Sedang untuk arsitekturnya, mushola inii memiliki gabungan pada model arsitektur Thai, China, dan Melayu. Ada ukir-pahatan-ukiran sama bunga pada setiap pintu-pintu kayu, jendela, sirkulasi, atap, dan balkonnya.

Masjid Narathiwat Thailand

3. Masjid Assyafa’ah Di Singapura

Ialah satu diantaranya mushola modern yang berada di Singapura. Arsitekturnya kebun berbentuk seperti gedung gedung perkantoran. Tentu anda akan berdecak kagum saat saksikan wujud dari mushola ini yang betul-betul tidak terlihat seperti mushola umumnya. Mushola asy-syafa’ah di tahun 2004 oleh perusahaan lokal, komune architects. Di mana na komune ini membuat mushola sampai sama dengan komunitas yang multi rasial dan multi agama. Namun tetap menyatukan simbol-simbol islam tradisional untuk membikin agar sama dengan mushola. Segi yang paling menonjol dari tempat ini sampai bisa dikenal jadi mushola adalah pada menara 10 lantainya. Pada menara 10 lantai ini dibuat dari plat logam berkarat untuk beberapa kesan alami. Saat Anda datang ke sana saat malam hari menara itu Seolah-olah lenyap dan meninggalkan simbol bulan sabit dan bintang pada atas mushola itu.

Itu dia beberapa mushola yang ada di Asia Tenggara dan memiliki keunikannya masing-masing. Kekhasan ini justru akan tingkatkan pelancong untuk datang ke mushola itu, untuk tahu mengenai mushola itu lebih dalam. Bukan hanya kekhasan, mushola itu kental dengan kisah dan seni arsitektur yang tinggi. Sampai untuk Anda yang menyukai pada saksikan seni arsitektur, akan demikian bermanfaat untuk bertandang ke beberapa mushola di atas. Karenanya jadi umat Islam yang bagus, sudah pasti kita perlu sama membantu ke-2 nya. Dan sedikit saksikan dari filosofi mushola assyafaah yang berada di singapura itu. Filosofi pada mushola asy-syafa’ah menyimbolkan umat Islam yang penting selalu berpikiran maju dan terbuka pada perubahan zaman, dan tidak meninggalkan kodrat manusia jadi makhluk sosial untuk sama menghargai ke-2 nya.

Produsen Kubah MasjidCARI TAHU HARGA KUBAH MASJID ENAMEL DAN GALVALUM DISINI

kubah masjid

kami menyediakan jasa konsultasi GRATIS untuk pelanggan seperti Anda sepuasnya sampai Anda deal atau tidaknya.

Harga Kubah Enamel Musholla Galvalume Terkini atau Terupdate tahun 2021

Harga kubah masjid atau musholla dengan bahan galvalume. Sistem yang digunakan yakni, konstruksi baja ringan dengan lapisan plat stainless khusus dan tak sembarangan. Kubah musholla ini pun memiliki harga tahun ketahun relatif stabil Jual Kubah Masjid di Lombok Barat.

Klik disamping kanan untuk mengetahui Harga Kubah Masjid Terbaru

error: Content is protected !!