Skip to content
Home » Artikel Qoobah » 5 Bentuk Kubah Masjid Enamel Modern

5 Bentuk Kubah Masjid Enamel Modern

5 Bentuk Kubah Masjid Enamel Modern

Desain Kubah Masjid

Desain by Qoobah

Desain kubah masjid di Pulau Ternate secara visual menampilkan dua wujud yaitu bentuk atap limas (pola tradisional) dan bentuk atap kubah (pola modern). Dua wujud masjid ini kemudian diklasifikasikan menjadi tiga kategori yaitu :

  • Masjid yang sama dengan masjid kesultanan/sigi lamo,
  • Masjid yang mirip dengan sigi lamo,
  • Masjid yang berbeda dengan sigi lamo.

Berdasarkan hasil analisa, dapat disimpulkan bahwa kesamaan dan kemiripan wujud masjid karena kondisi sosial masyarakat dan kondisi sosial budaya yang masih sangat homogen, monolit, dan partiark serta manganut sistem patronasi dalam segala aspek termasuk dalam membangun masjid. Sedangkan perbedaan wujud masjid terjadi karena desakan keinginan yang ditopang oleh kondisi sosial ekonomi masyarakat dan pengetahuan atas kemajuan serta perkembangan teknologi konstruksi khususnya konstruksi masjid.

Kubah Enamel Berkualitas

PT. Anugerah Kubah Indonesia

Konstruksi Kubah Masjid Enamel – Berbicara tentang kubah enamel, kita akan membayangkan sebuah bangunan yang ada masjid lain, karena kubah adalah salah satu fitur dari masjid. Meskipun tidak semua masjid memiliki kubah dan tidak ada perlu menggunakan kubah masjid enamel. Kubah enamel tampaknya sudah menjadi trend atau prevalensi di kalangan jamaah bahwa setiap bangunan harus dilengkapi dengan kubah masjid enamel. Salah satu fungsi dari kubah enamel juga bagi orang-orang yang berada di dalam masjid yang umumnya menggunakan kubah sebagai pencarian referensi.

Seperti kita ketahui, bentuk kubah sekarang lebih beragam, baik ukuran, warna dan nada. Jadi adalah bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat kubah terbuat dari bahan baja ringan yang galvalum dan enamel. Enamel terbuat dari baja dengan karbon rendah dilapisi dengan bahan paduan dari silika atau gelas, kemudian meleleh di atas baja bermutu tinggi biasa disebut enamel. Bahan ini sering disebut sebagai kubah enamel.

Untuk membuat kubah tidak mudah, sampai menjadi sebuah kubah yang indah dan megah dan proses membutuhkan waktu yang lama. Proses ini pembangunan awal dari kerangka kubah. Kali ini kita akan membahas konstruksi kubah masjid dan enamel kerangka kubah masjid.

  • Contoh konstruksi kubah masjid enamel
  • Contoh Konstruksi Kubah Masjid enamel
  • Definisi kontruksi kubah masjid enamel 

Memesan kubah masjid enamel dengan diameter sekitar 5 “sampai 10 meter” menyesuaikan diameter. Kubah masjid enamel memiliki diameter menyesuaikan harga permeter dengan space frame dan rangka Cremona sebagai bagian dasar dari kubah.
Untuk membuat kubah masjid enamel, dan alat yang digunakan, antara lain:

  • Peralatan memanjat
  • Tali
  • Kontra gulungan
  • Trafo las
  • Grinding tangan
  • Bor tangan
  • Koneksi air
  • Pembuka Kunci, ukuran 18-20
  • Sikat
  • Melakukan proses manufaktur
  • Menggunakan K3 dengan Tepat
  • Berdoa

Membuat desain kontruksi sesuai dengan perhitungan kubah diameter kubah masjid serta beban, sehingga untuk menentukan jumlah yang diperlukan. Setelah di gambar free dari Tim QOOBAH, kita dapat melihat bagaimana ukuran pipa yang akan digunakan.Yang pertama adalah ketika konfigurasi rangka merupakan pilar didirikan atau frame yang tahan dan pemasangan panel yang tepat dan baik untuk disatukan oleh tim QOOBAH.

Jenis pesanan kubah, ada 5 jenis, yaitu:

Kubah Masjid Enamel Jenis Stengah Bola

  Kubah masjid Enamel tipe setengah bola

kubah jenis stengah bola Bergabung dengan Bingkai Ruang , dengan contoh diameter 10 tinggi 5 meter.

Kubah Masjid Enamel Tipe Pinang

Kubah masjid Enamel tipe pinang
Kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah diameter 10 tinggi 10 meter.

Kubah Masjid Enamel berbentuk Madinah

Kubah masjid Enamel tipe madinah

Kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah diameter 10 tinggi 7.5 meter.

Kubah Masjid Enamel berbentuk Bawang

Kubah masjid Enamel tipe bawang  

Kubah jenis ini umumnya digunakan untuk kubah diameter 10 tinggi 7.5 meter dengan bagian tengah kubah yang lebih besar diameternya.

Kubah Masjid Enamel berbentuk Custom

kubah masjid custom aceh

Desain kubah masjid enamel menyesuaikan request panitia pembangunan masjid, merupakan keunggulan PT. ANUGERAH KUBAH INDONESIA.  

Sebagai bagian dari desain dan bahan yang mempengaruhi kekuatan dan harga kubah masjid Enamel. Oleh karena itu, harga yang ditawarkan oleh masing-masing kubah kontraktor masjid selalu berbeda.

Dari 5 desain kubah masjid enamel di atas, yang paling banyak digunakan di daerah bagian dari ruang konstruksi baja adalah jenis Madinah.

Karena kubah madinah struktur yang sangat indah untiuk di pandang, didalam struktur kerangka kubah madinah dapat dengan mudah menyesuaikan rangka kubah .

Keunggulan kubah Masjid Panel enamel Modern PT. ANUGERAH KUBAH INDONESIA:

  1. Kombinasi Warna Yang sangat indah
  2. Garansi Hingga 20 Tahun
  3. Kubah Masjid Plat Baja low carbon
  4. Beban Kontruksi yang ringan dibanding GRC
  5. Pengerjaan Lebih Cepat
error: Content is protected !!