Skip to content
Home » Artikel Qoobah » 10 Kegiatan Yang Dilakukan Bulan Ramadhan Di Indonesia

10 Kegiatan Yang Dilakukan Bulan Ramadhan Di Indonesia


Kegiatan Yang Dilakukan Bulan Ramadhan di Indonesia – Bulan Ramadhan di Indonesia selalu menjadi momen yang istimewa, di mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesungguhan dan kebersamaan. Selain menjalankan puasa, masyarakat Indonesia juga aktif dalam berbagai kegiatan yang khas di bulan suci ini. Mulai dari tarawih bersama di masjid-masjid, berbagi makanan untuk sahur dan berbuka, hingga mengadakan pengajian dan kajian agama untuk memperdalam pemahaman tentang Islam. Tidak hanya itu, berbagai acara keagamaan dan sosial juga diadakan, seperti bazar Ramadhan yang menjadi tempat favorit untuk berbelanja kebutuhan sahur dan buka puasa, serta berbagai kegiatan amal dan sosial untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Inilah 10 kegiatan yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan di Indonesia yang penuh berkah dan kehangatan. Baca sampai selesai ya!

Pawai Obor

Salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan dalam menyambut bulan Ramadan adalah pawai obor. Di berbagai daerah di Indonesia, masyarakat melakukan pawai obor sebagai bentuk rasa syukur menjelang bulan suci ini.

Pawai obor merupakan salah satu tradisi yang sangat bersemangat dalam menyambut bulan Ramadan di Indonesia. Menyeluruh negeri, masyarakat merayakan kedatangan bulan suci ini dengan menggelar pawai yang dihiasi oleh obor-obor berkilauan. Mulai dari desa-desa terpencil hingga kota-kota besar, pawai obor mengundang ribuan orang untuk berpartisipasi. Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, semua turut serta dalam mengikuti pawai ini dengan penuh semangat dan kebersamaan.

Suasana menjadi semakin meriah dengan diiringi oleh bunyi riang gendang dan rebana yang membangunkan jiwa-jiwa untuk menyambut bulan Ramadan. Para peserta tak hanya sekadar berjalan, namun mereka juga membawa nyanyian dan doa, mempersembahkan rasa syukur atas datangnya bulan yang penuh berkah ini. Pawai obor bukan hanya sekadar kegiatan menyenangkan, tetapi juga merupakan bentuk ungkapan rasa syukur dan kebersamaan yang memperkuat ikatan sosial antar masyarakat.

Membangunkan Sahur

Membangunkan sahur adalah salah satu tradisi yang khas dan berharga dalam menjalankan ibadah puasa di Indonesia. Setiap malam, sebelum fajar menyingsing, anak-anak hingga remaja laki-laki bersiap-siap untuk melaksanakan tugas mulia ini. Dengan penuh semangat dan tanggung jawab, mereka membawa alat musik tradisional seperti kentongan atau bedug, berkeliling di sepanjang gang-gang dan kampung-kampung, membangunkan saudara-saudara seiman untuk menikmati sahur bersama. Bunyi riang alat musik yang dipukul dengan penuh semangat tidak hanya mengusir kantuk, tetapi juga membangunkan jiwa-jiwa untuk mempersiapkan diri menyambut ibadah puasa yang penuh berkah.

Tugas ini bukan hanya sekadar mengingatkan waktu, tetapi juga merupakan bentuk pengorbanan dan kepedulian antar sesama umat Islam. Membangunkan sahur adalah sebuah momen penuh keberkahan di mana solidaritas dan kebersamaan merajut tali persaudaraan yang erat di tengah malam yang sunyi.

Buka Puasa Bersama


Buka puasa bersama adalah momen yang paling dinantikan oleh umat Muslim di seluruh Indonesia selama bulan Ramadan. Di tengah keramaian dan kebahagiaan, keluarga, teman-teman, dan tetangga berkumpul di meja makan dengan menu sajian lezat yang telah disiapkan dengan penuh kasih sayang. Tidak hanya sekadar menikmati hidangan lezat, buka puasa bersama juga menjadi waktu untuk berbagi cerita, tawa, dan doa bersama-sama. Suasana hangat dan penuh kebersamaan memperkuat ikatan emosional antar sesama, memperdalam persaudaraan, serta menguatkan hubungan antar anggota keluarga. Momen ini juga menjadi ajang silaturahmi dan pertemuan dengan teman-teman lama, mempererat hubungan sosial di tengah kesibukan yang padat.

Dalam kehangatan suasana, setiap suap makanan menjadi sarana untuk berbagi kebahagiaan dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Buka puasa bersama bukan hanya tentang memenuhi kebutuhan fisik, tetapi juga tentang memperkaya jiwa dan menyegarkan hati dengan kebersamaan dan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Ngabuburit

Ritual menunggu waktu berbuka puasa, atau yang disebut ngabuburit, telah menjadi sebuah kebiasaan masyarakat Indonesia. Ngabuburit adalah kegiatan yang menjadi ciri khas bulan Ramadan di Indonesia. Saat senja mulai menjelang dan waktu berbuka puasa semakin dekat, masyarakat Indonesia memulai ritual ngabuburit dengan penuh antusiasme.

Mereka meninggalkan rumah untuk berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau pergi ke tempat-tempat yang ramai seperti pasar atau mal. Ngabuburit menjadi waktu untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga, teman, dan tetangga sambil mencari camilan atau makanan untuk berbuka puasa. Suasana yang riuh rendah dan penuh keceriaan membuat ngabuburit tidak hanya menjadi ajang untuk mencari hiburan, tetapi juga sebagai sarana untuk menghilangkan kepenatan dan mempererat tali persaudaraan. Beberapa orang juga memanfaatkan waktu ngabuburit untuk berolahraga ringan atau melakukan kegiatan sosial seperti memberikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan. Dengan segala keseruannya, ngabuburit menjadi momen yang dinanti-nantikan untuk melepas penat setelah seharian menjalani ibadah puasa.

Bagi-bagi Takjil

Mengisi Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat adalah salah satu kewajiban setiap Muslim. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah berbagi takjil kepada mereka yang membutuhkan. Takjil adalah makanan ringan yang dikonsumsi untuk berbuka puasa. Dengan berbagi takjil, kita dapat memberikan kebahagiaan kepada orang lain dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Baca Juga : Menemukan Kemuliaan dalam Bulan Ramadhan

I’tikaf di Masjid

Meningkatkan ibadah i’tikaf di sepuluh hari terakhir Ramadhan sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga tidak pernah meninggalkan kegiatan i’tikaf pada tanggal-tanggal tersebut. Pada malam Lailatul Qadar, malam yang penuh berkah, umat Muslim melakukan i’tikaf di masjid untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan berdoa memohon ampunan serta keberkahan.

Pesantren Kilat

Pesantren kilat merupakan kegiatan Ramadhan yang rutin dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi anak-anak hingga remaja dalam menjalankan ibadah puasa dengan suasana yang tenang, menyenangkan, dan bermanfaat. Pesantren kilat biasanya dilaksanakan mulai dari tingkat dasar hingga menengah.

Khatam Al-Qur’an

Di bulan Ramadhan, banyak umat Muslim yang bersemangat untuk membaca Al-Qur’an. Kegiatan khatam Al-Qur’an, yaitu menyelesaikan membaca seluruh Al-Qur’an dalam satu bulan, menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan. Dalam Al-Qur’an surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman tentang kewajiban membaca Al-Qur’an di bulan puasa.

Baca Juga : Amalan Bulan Ramadhan – Keajaiban Dzikir dan Doa Di Bulan Suci

Takbiran

Setelah berpuasa selama 30 hari, umat Muslim merayakan takbiran. Takbiran adalah momen yang ditunggu-tunggu di akhir bulan Ramadhan. Biasanya, umat Muslim berkumpul di masjid dan bersama-sama mengucapkan kalimat takbir yang terdengar ke seluruh kampung melalui pengeras suara. Beberapa orang juga mengisi takbiran dengan berkeliling kampung sambil membawa bedug.

Mudik

Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang merantau di kota dan pulang ke kampung halaman saat hari raya tiba. Meski harus berpacu dengan kondisi lalu lintas yang padat dan harga tiket transportasi yang melambung, banyak perantau rela melakukan perjalanan jauh demi bisa berkumpul bersama keluarga di hari yang fitri. Mudik adalah momen yang penuh harap dan kebahagiaan.

Semoga dengan adanya 10 kegiatan yang dilakukan bulan ramadhan di indonesia yang menarik dan bermanfaat ini, umat Muslim di Indonesia dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh semangat dan kebahagiaan. Mari kita manfaatkan bulan suci ini untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selamat memasuki bulan Ramadhan!

5/5 - (1 vote)