Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Harga Kubah Masjid Enamel Terbaru

Harga Kubah Masjid Enamel Terbaru

Harga Kubah Masjid Enamel Terbaru – Baja enamel adalah bahan dasar untuk membuat kubah. Bahannya terbuat dari baja ringan. baja low carbon yang dilapisi dengan suatu bahan dari paduan silica atau kaca. Baja kemudian dilebur diatas baja bermutu tinggi yang biasa disebut Enamel. Kubah yang terbuat dari bahan enamel disebut sebagai kubah enamel.

Analisa perhitungan harga kubah masjid yang berbahan dasar baja enamel dan panel, digunakan rumus yang berdasarkan pada luas kubah, yaitu :

Luas kubah = 3.14 x T x D
T : tinggi kubah

D : diameter terluar atap Untuk harga pasaran per meter kubah berbahan dasar Enamel saat ini tahun 2021 berkisar antara Rp. 2.500.000,- sampai dengan Rp. 4.000.000,- harga ini masih bisa berubah sesuai dengan model atau desain, dan spesifikasi tambahan lainnya.
Harga Kubah = Luas Kubah x Harga/M

Kubah Masjid Enamelkaligrafi kubah masjidkubah masjid galvalume

Spesifikasi Konstruksi

  • Rangka pipa galvanish 1 inch – 3 inc tebal 1,6 mm
  • Rangka pendukung Hollow 1,5 x 3 inc dan 3,5 x 3,5 tebal 0,7 mm
  • panel berbahan plat baja SPCC tebal 0,9 mm- 1 mm
  • Finishing pelapisan teflon / coating dengan suhu 830 derajat C
  • Waterproofing menggunakan board 3 mm / plat galvalume
  • Makara menggunakan plat stainless steel / plat galvalume

Daya Tahan Enamel
Kubah dengan bahan dasar enamel biasanya mempunyai daya tahan yang lama, bisa bertahan hingga 20 sampai 30 tahun. Pemasangan dan pemeliharaan kubah membutuhkan biaya yang cukup besar. Kubah yang baik harus dapat bertahan lama tanpa dirawat dan diganti.

Dikarenakan proses pembuatan pada produksi enamel menggunakan suhu yang sangat tinggi hingga mencapai 800 derajat Celsius maka kubah dengan bahan enamel cocok untuk daerah yang memiliki suhu yang tinggi karena enamel tahan terhadap suhu hingga 8000 derajat celcius. Kubah enamel lebih kuat dibandingkan kubah galvalum karena materi bahannya lebih kompleks, sehingga harganya lebih mahal dibanding harga kubah masjid galvalum.

Bahan Enamel Ringan
Karena ringan maka pembuatan kubah dari bahan enamel ini menjadi sangat mudah, tidak memakan waktu yang lama, tidak membutuhkan pondasi yang ekstra kuat, Walaupun ringan tetapi bahan enamel ini sangat kuat sehingga jika terjadi bencana gempa bumi maka kerusakan yang di timbulkannya jadi relatif kecil. Selain itu potensi rembes air atau bocor lebih kecil dari pada kubah dengan bahan lain

Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem

Dengan melihat banyaknya kelebihan yang ada pada bahan baja enamel dan panel, maka saat ini kubah-kubah masjid banyak yang terbuat dari bahan tersebut

Demikianlah ulasan singkat mengenai harga kubah masjid enamel ini, dengan harapan semoga para pembaca mempunyai gambaran tentang harga kubah yang berbahan dasar baja enamel dan panel ini. Begitu juga untuk para pengurus masjid atau takmir masjid sehingga bisa menyusun dan mempersiapkan anggaran untuk pembuatannya. Semoga bisa bermanfaat.

error: Content is protected !!