Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Agung Baitul Hakim – Pengrajin Kubah Masjid Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim – Pengrajin Kubah Masjid Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Masjid Agung Baitul Hakim adalah Masjid paling besar yang ada di Kota Madiun propinsi Jawa Timur. Tempat masjid pas ada di barat alun-alun kota madiun serta termasuk juga di pusat kota madiun. Bangunan masjid ini mempunyai keunikan yaitu memiliki 5 kubah besar. Kubah yang memiliki ukuran paling besar ada di tengah, sedang sisi depan kubah penting ada kubah sekitar 3 kubah berukulan kecil, yang satunya berada di samping selatannya. Untuk bangunan menaranya menjulang tinggi pada tiap-tiap sudutnya dengan bangunan menara terbesar mempunyai tinggi 25 mtr. ada pada bagian utara pintu masuk masjid.

Prediksi pembangunan masjid ini dikerjakan oleh kolonial belanda oleh pimpinan Ronggo Jumeno kurang lebih tahun 1830an masehi. Tetapi terdapatnya perbaikan dengan besar-besaran sudah dikerjakan saat tahun 2002 karenanya ada pemasangan tiang seribu. Akan tetapi, perbaikan ini masih menjaga 4 pilar penting memiliki bahan kayu sebagai keunikan bangunan masjid di jawa biasanya. Sesaat pada tahun 2011 perbaikan yang dikerjakan sudah selesai. Waktu itu, sudah melakukan renovasi, serambi masjid, bangun kubah dan menara seperti telah tampak sekarang ini.

Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Bangunan Kubah Masjid Agung Madiun

Pada bangunan kubahnya memakai pengaplikasian konstruksi panel enamel. Type kubah ini dengan panel yang melapisi atap dari kubah porselen memakai enamel. Hingga akan membuahkan kubah masjid konstruksi panel enamel yang lebih berkualitas tinggi. Hingga kombinasi itu pun jadikan kubah masjid yang dibuat berbentuk :

1. Lebih mudah dibanding bangunan kubah beton, mengingat bahan yang dipakai memang cukuplah mudah tetapi begitu kuat.

2. Warna dari bangunan kubah masjid pun lebih jelas bahkan juga dapat bertahan lebih lama. Hingga customer dikasih pilihan warna lebih banyak.

3. Bahan konstruksinya pun tahan pada guncangan besar seperti gempa. Karena bahan enamel berbentuk tahan serta kwantitas gabungannya pun tidak gampang retak.

4. Keunggulan tidak gampang retak, pun jadikan kubah masjid memiliki bahan panel enamel tahan pada karat dan mengecilkan peluang terdapatnya air yang merembes.

5. Bangunan kubah masjid pun gampang sekali dibikin bersih. Hingga tak perlu perawatan dengan spesial, hanya dengan tersiram oleh hujan hawa, jadi kubah akan bersih dengan sendirinya.

Pembangunan masjid agung baitul hakim sudah dibuat demikian rupa untuk memperoleh bangunan terbaik. Bangunan masjid ini pula menjaga apa yang perlu ia pertahankan untuk meningkatkan kesan-kesan penduduk jawa dalam masjid ini. Ruang serambi makmum sisi dalam pun menjaga segi jawa serta masih memakai tiang berbahan kayu menjadi penyangganya. Pada serambi makmum bagian dalam pun masih tetap berupa limasan atau joglo yang termasuk juga keunikan budaya jawa.

Interior Masjid Agung Baitul Hakim Madiun

Dalam ruang ini pula ada pilar yang sejumlah 16 pilar dibikin berbahan kayu jati asli yang semua utuh. Ada yang unik dari pilar-pilar itu, yaitu semua tidak berupa tegak lurus tapi mempunyai kemiringan sampai 5-8 derajat. Pada pilar-pilar itu memang berupa miring sejak dari awal masjid ini dibuat. Untuk ornament – ornament yang melapisinya di bagian basic atau luar seperti lantai, kubah serta menara – menaranya memakai ide Eropa serta ide timur tengah.

Dibagian serambi luar, tampak sisi atas cekungan kubah yang mempunyai corak langit ataupun awan seakan anda sudah melaksanakan ibadah di bawah langit biru serta awan putih sebagai payungnya.

Pada bangunan Masjid Agung Kota Madiun ini semua sisi luarnya pun dicat berwarna biru, hijau dibagian serambi luar dan warna gelap di masjid sisi dalamnya. Ini akan memberikan kesan-kesan lebih sejuk waktu anda mulai lihat serta masuk ruang dalam masjid ini. Dibagian halaman masjid juga dibuat satu taman dengan pohon-pohon yang begitu teduh serta begitu enak dilihat mata. Berikut yang jadikan beberapa jamaah mulai kerasan ada di dalam masjid.

error: Content is protected !!