Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia

Sama dengan namanya, Masjid Negara Malaysia adalah Masjid Nasional Malaysia yang ada di Ibukota Negara, Kuala Lumpur. Masjid Negara dapat menyimpan 15 ribu jamaah sekaligus juga, membuatnya menjadi masjid paling besar di Malaysia saat tuntas dibuat.

Tidak cuma luas, besar, serta megah, tetapi ikut dikelilingi oleh taman yang diatur demikian bagus serta indah. Masjid ini adalah simbol keagungan Islam, menjadi agama sah di Malaysia

Masjid Negara didesain oleh tiga arsitek, masing masing ialah Howard Ashley dari departemen pekerjaan umum Inggris serta dua Arsitek pribumi, Hisham Albakri serta Baharuddin Kassim. Dibuat tahun 1965 dilokasi Gereja Venning Road Brethren Gospel Hall yang telah berdiri dari sana semenjak tahun 1922 lalu diambil alih oleh pemerintah Malaysia untuk bangun Masjid Negara.

Bangunan masjid negara Malaysia dibuat menjadi masjid modern serta megah dengan susunan beton bertulang dan melambangkan bangsa Malaysia yang saat itu barusan mendapatkan kemerdekaan dari Inggris.

Masjid ini ada di lokasi strategis di Pusat kota Kuala Lumpur, berdekatan dengan Kereta api Malaysia , gedung Daya Bumi , Kantor Pos Besar Malaysia, Museum Seni Islam, Taman Burung Kuala Lumpur serta Taman Tasik Perdana.

Arsitektural Masjid Negara Malaysia

Masjid Negara Malaysia

Lokasi Masjid Negara seluas 13 hektar serta bangunan pentingnya seluas kurang lebih 3 hektar. Semua lokasi masjid di kelilingi sebagian besar oleh tembok konkrit serta beberapa pagar. Diperlengkapi tujuh pintu masuk.

Sarana untuk pengunjung non muslim ikut disiapkan termasuk juga toilet umum. Pintu masuk spesial wisatawan luar serta dalam negeri ada bersisihan dengan Dewan Bandara Kuala Lumpur.

Pada umumnya, Masjid Negara dibuat bergaya masjid modern. Arsitektural masjid ini dikenali dengan satu menara setinggi 73 meter. Serta kubah di atap masjid yang jika disaksikan dari bawah berupa bintang 16.

Kubah dengan bentuk bintang 16 ini cukuplah unik, jika disaksikan dari samping begitu jelas tampak jika kubah Masjid Negara berupa payung yang tengah terbuka beberapa, persamaan kata dari pelindung pada sengatan panasnya matahari tropis. Kubah berupa payung di Masjid Negara memiliki ukuran tinggi 84ft serta diameter 200ft.

Bagian dalam kubah payung dihias dengan ukiran kaligrafi ayat suci Al-quran berbahan alumunium menyimbolkan kesultanan di Malaysia serta tampak demikian indah dari dalam masjid. Sedang sisi puncak bangunan menaranya mirip bentuk payung yang tengah tertutup. Digunakannya susunan beton bertulang pada atap penting ialah untuk memperoleh ruangan yang lega buat ruangan sholat penting. Bangunan masjid ini terpantul dengan indah dari kolam serta pancuran air yang menyengaja dibuat di sekitar masjid.

Tidak jauh dari Masjid Negara ada Taman Makam Pahlawan Nasional Malaysia, tempat dimakamkannya beberapa politisi malaysia salah satunya ialah Tun Abdul Razak, Tun Hussain Onn serta lainnya lain. Maosoleum Makam Pahlawan dibuat dengan atap berupa tujuh bintang tujuh jika disaksikan dari hawa.

Rate this post