Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Ngabuburit? Ini Makna Tersembunyi Dari Tradisi Unik Ini

Ngabuburit? Ini Makna Tersembunyi Dari Tradisi Unik Ini

ngabuburit
Ngabuburit di Masjid Raya Bandung, Jawa Barat (Foto : Line Today)

Ngabuburit adalah merupakan tradisi masyarakat yang tidak lepas dari perayaan bulan Ramadhan di Indonesia. Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa terutama bagi anak muda. Banyak dari masyarakat yang menyebut kata ngabuburit sebagai aktivitas atau kegiatan untuk mencari kesibukan sebelum berbuka puasa namun tidak mengerti arti dan asal muasalnya, lantas apa itu ngabuburit? Simak penjelasannya berikut ini.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu ngalantung ngadagoan burit yang memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore. Kata burit ini menjadi istilah dasar dari ngabuburit.

Pasalnya, Burit memiliki arti sore hari yang menjadi waktu menjelang berbuka puasa. Sehingga banyak orang yang berpendapat bahwa kata “burit” saja sudah menjadi arti sederhana dari menunggu waktu sore atau menunggu waktu berpuasa.

Seiring dengan populernya ngabuburit, banyak orang yang menggunakan kata ini di berbagai daerah di Indonesia. Ada daerah yang memiliki istilah lain dari kegiatan ini. Salah satunya adalah daerah minang, yakni “malengah puaso” yang diambil dari bahasa Minang yang memiliki arti kegiatan mengalihkan rasa haus dan lapar karena puasa yang terkenal di masyarakat Minang. Dengan adanya kekayaan budaya di Indonesia, mungkin di tiap daerah sendiri punya istilah-istilah tersendiri yang menggambarkan tradisi ini.

Baca Juga : Masjid Raya Abdul Kadim, Masjid Viral di Musi Banyuasin

Tradisi menunggu berpuasa puasa ini biasanya diisi dengan beberapa kegiatan seperti berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, berolahraga, berkumpul bersama teman maupun keluarga. Kegiatan ngabuburit ini pada umumnya sering dilakukan oleh anak-anak dengan bermain di lapangan maupun bersepeda. Ada pun anak-anak yang menggunakan waktunya untuk mengaji bersama di Masjid maupun Musholla.

Kini kegiatan menunggu waktu berbuka ini diisi dengan berbagai aktivitas yang bervariasi seperti wisata kuliner di sore hari. Tidak jarang masyarakat yang membuka stand makanan yang menyediakan aneka ragam menu berbuka puasa.

Pada Ramadhan 2022 ini, Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Bagi siapa saja yang menggunakan waktu menunggu berbuka puasa dengan melakukan kegiatan di luar ruangan, selalu dianjurkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dimana saja dan kapan saja untuk senantiasa menangkal penyebaran Covid-19 agar kasusnya tidak kembali naik.

Itulah ulasan singkat mengenai ngabuburit adalah kegiatan menunggu berbuka puasa yang menjadi tradisi yang kental dengan bulan Ramadhan di Indonesia. Apa saja tradisi ngabuburit unik yang sering kamu lakukan ketika Ramadhan? 

produsen kubah masjid terbaik
Tawi-Tawi Grand Mosque. Philipinnes (Qoobah.co.id)

PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan jasa kontraktor kubah masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Mereka sudah dipercaya menggarap ratusan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN.

Baca Juga : Megah dan Indahnya, Masjid Agung Syahrun Nur Sipirok

Klik tombol dibawah jika ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan pembangunan kubah masjid, kami siap membantu perencanaan kubah masjid Anda dengan sepenuh hati secara gratis. Dapatkan juga penawaran spesial dari kami, bonus alat penangkal petir dan lampu sorot.

Rate this post