Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Proses Pembuatan Kubah Masjid Bahan Galvalum dan Enamel

Proses Pembuatan Kubah Masjid Bahan Galvalum dan Enamel

Proses Pembuatan Kubah Masjid – Bagi anda yang ingin memesan kubah mesjid untuk proyek pembangunan mesjid anda, maka mungkin anda penasaran bagaimana Proses Pembuatan kubah mesjid bukan? Karena bentuknya yang besar mungkin kamu penasaran bagaimana cara membuatnya?

Oleh karena itu, kali ini kami hadir untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai proses Pembuatan Kubah Masjid. Jika ingin mengetahui kubah masjid cara membuatnya, berikut informasinya. Kami akan membuka proses manufaktur agar semua klien termasuk Anda mengetahui apa dan bagaimana prosesnya:

Beberapa Proses Pembuatan Kubah Masjid

Dengarkan Keinginan Klien

Proses Pembuatan Kubah Masjid

Pertama-tama, ketika Anda telah memesan kubah dengan kami, pertama-tama kami akan mendengar apa yang Anda inginkan. Kami akan mencatat dan memberi Anda saran atau umpan balik dengan pesanan kubah yang Anda inginkan. Anda dapat membuat permintaan untuk warna atau ornamen lainnya. Setelah Anda memperbaiki pesanan Anda dan menyampaikan seluruh keinginan Anda tentang kubah masjid, kami akan memulai proses pembuatan kubah masjid.

Proses Desain

Cara kedua untuk membuat kubah masjid adalah melalui proses desain. Setelah mendapatkan apa yang Anda mau untuk membuat kubah masjid ini, kami akan membantu Anda untuk menuangkan keinginan Anda ke dalam desain.

Kami menggunakan komputer untuk mendesain kubah masjid pesanan Anda agar lebih rapi dan detail. Kami akan mendesain suatu kubah masjid menjadi 3D dan 2D sehingga anda bisa mengetahui dan Melihat secara detail bagaimana bentuk kubah masjid yang anda inginkan.

Pembuatan Rangka

Rangka Atap Rangka Ruang

Proses Pembuatan Kubah Masjid

Struktur ruang atau yang biasa dikenal dengan space frame merupakan suatu sistem struktur yang pada saat ini banyak digunakan. Hal ini dikarenakan banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh sistem struktur ini, seperti bobot yang ringan dan kekuatan yang tinggi.

Dengan menggunakan sistem struktur rangka ruang yang ringan, kuat, indah dan fleksibel, bangunan dengan bentang lebar dapat dipuncak bahkan tanpa menggunakan tiang pusat. Kelebihan Selain ringan, kelebihan sistem struktur ini adalah:

1. Dapat digunakan pada atap bentang lebar, tanpa kolom tengah.

2. Pemasangan relatif cepat.

3. Perawatannya mudah.

4. Ukuran lebih presisi karena produksi dilakukan dengan mesin.

5. Tampilan struktur yang baik terbuka.

6. Sangat tahan lama.

Fabrikasi

Dilakukan dengan menggunakan mesin komputerisasi modern dan didukung oleh tenaga terampil yang berpengalaman, sehingga produk yang dihasilkan memiliki tingkat presisi yang tinggi.

Finishing Pembuatan Kubah Masjid

Anda dapat memilih berbagai alternatif, seperti Hotdip Galvanis, pengecatan (dapat powder coating atau cat biasa), pemolesan (stainless steel), dan lain sebagainya. Untuk struktur yang sangat dipengaruhi oleh iklim, sebaiknya finishing menggunakan Hotdip Galvanized.

Proses Pemasangan Kubah Masjid

Proses Pembuatan Kubah Masjid

Komponen struktural ini sangat mudah dipasang di lapangan karena hanya diperlukan penyetelan baut saja. Tidak ada lagi pekerjaan pengelasan atau pengecoran.

Persiapan Bahan/Material

Bahan yang akan dibuat (pipa, lubang, dll) disiapkan, dibersihkan dari kotoran, dan diperiksa sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan (ukuran, ketebalan, dll.).

Pengerolan

Untuk mendapatkan kelengkungan yang diinginkan, rangka digulung menggunakan mesin roll. Pembentukan kelengkungan dilakukan secara bertahap agar bentuk yang dihasilkan melengkung sempurna dan tidak terjadi patah/lentur.

Proses Pemasangan Rangka Kubah Masjid

Selanjutnya akan kami lanjutkan dengan proses pemasangan rangka kubah, kami menggunakan bahan yang kuat dan dipasang oleh tenaga ahli yang sudah profesional dalam bidang ini. Setelah rangka utama dan rangka penopang kubah terpasang, maka dilanjutkan dengan proses pemasangan atap kubah, sisi-sisi kubah menggunakan bahan Enamel dan Galvalume agar kubah lebih kuat dan berkualitas.

Rangka Sekunder Penutup Atap

Proses Pembuatan Kubah Masjid

Rangka penutup atap sekunder diproduksi di bengkel dengan langkah-langkah berikut:

1. Rolling untuk rangka sekunder yang dilengkungkan sesuai dengan kelengkungan atap.

2. Pemasangan pelat penyangga rangka sekunder pada rangka utama dan pelat pemasangan panel penutup atap hias (untuk panel enamel).

3. Rangka sekunder dilapisi galvanis untuk memberikan suatu perlindungan terhadap karat sebelum dikirim pada lokasi proyek. Pelapisan galvanis pada rangka dilakukan dengan sistem Hot Dip Galvanized sehingga seluruh bagian rangka dilapisi lapisan anti karat.

Demikian ulasan tentang Ketahui Beberapa Proses Pembuatan Kubah Masjid semoga bermanfaat.

Proses Pembuatan Kubah Masjid – Qoobah PT. Anugerah Kubah Indonesia

Masjid Perum Graha Amerta
Masjid Perum Graha Amerta, Gresik (Qoobah.co.id)

PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan jasa kontraktor kubah masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Mereka sudah dipercaya menggarap ratusan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN.

Baca Juga : Cari Produsen Kubah Masjid Terbaik? Ini Ciri-cirinya!

Klik tombol dibawah jika ingin berkonsultasi mengenai kebutuhan pembangunan kubah masjid, kami siap membantu perencanaan kubah masjid Anda dengan sepenuh hati secara gratis. Dapatkan juga penawaran spesial dari kami, bonus alat penangkal petir dan lampu sorot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!