Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Tiga Masjid Tertua Di Dunia

Tiga Masjid Tertua Di Dunia

Masjid Tertua di Dunia

Masjid ialah tempat beribadah kaum muslim. Diluar itu, masjid pun adalah pusat kominitas kehidupan muslim, pekerjaan hari besar Islam, analisis agama Islam, ceramah, serta belajar Al Qur’an juga seringkali dikerjakan di masjid.

Bahkan juga dalam riwayat Islam, masjid menggenggam fungsi terpenting dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, ekonomi, bahkan juga sampai kemiliteran. Dapat disebutkan masjid ialah salah satunya pilar penting kaum muslim dalam sebarkan pandangan Islam.

Sekarang, masjid banyak berdiri di beberapa negara, terpenting negara yang mempunyai masyarakat mayortitas beragama Islam seperti Indonesia. Nah, dari juta-an masjid yang ada dalam dunia, tersebut ialah 5 Masjid Paling tua di Dunia. Ingin tahu? tersebut penjelasannya.

1. Masjid Nabawi

Masjid An Nabawi

Masjid Nabawi adalah masjid paling tua dalam dunia ke-2 yang dibuat oleh Rasulullah S.A.W sesudah Masjid Quba. Diluar itu, masjid Nabawi pun adalah salah satunya masjid terpenting di kota Madinah, Arab Saudi.

Masjid Nabawi pun adalah masjid paling besar ke-2 dalam dunia sesudah Masjidil Haram yang berada di kota Mekkah. Diluar itu masjid ini pula jadi makam Nabi Muhammad SAW serta beberapa sahabat-sahabatnya.

Tempat masjid ini dulunya ialah tempat penjemuran kurma punya dua anak yatim yang bersaudara yakni Sahl serta Suhail bin ‘Amr yang lalu dibeli oleh Rasulullah S.A.W untuk dibuat masjid serta tempat kediamannya.

2. Masjid Al-Haram

Masjid Al-Haram

Masjid al-Haram adalah masjid paling besar dalam dunia. Masjid ini pula beberapa kali sudah alami perbaikan serta menambahkan bangunan. Diluar itu masjid ini dipandang masjid sangat suci dalam dunia, karena di tempat ini ada Ka’bah yang disebut kiblat kaum muslim di semua dunia.

Kaum muslim yakin serta meyakini jika Ka’bah adalah bangunan pertama yang dibuat di bumi ini oleh Nabi Adam, selalu diteruskan oleh Nabi Ibrahim, serta yang paling akhir oleh Nabi Muhammad S.A.W.

3. Masjid al-Qiblatain

Masjid al-Qiblatain

Masjid yang ada di kota Madinah ini adalah salah satunya masjid paling tua dalam dunia. Di masjid ini jugalah turunnya wahyu yang memerintah Rasulullah S.A.W untuk mengubah arah kiblat ke mekkah, yang awal mulanya di Masjidil Aqsha, Yerusalem (Palestina).

Makna nama Masjid Qiblatain ialah masjid dua kiblat, tetapi sebelumnya masjid ini bernama Masjid Bani Salamah, sebab dibuat diatas sisa rumah Bani Salamah. Masjid ini berdiri di atas bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

error: Content is protected !!