Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Azizi Kabupaten Langkat – Sumatera Utara

Masjid Azizi Kabupaten Langkat – Sumatera Utara

Masjid Megah di Langkat Sumatera Utara

Masjid Azizi yang jadi Masjid Kesultanan Langkat terdapat di Jalan Raya lintas Sumatera, Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara. Masjid Azizi pun jadi hanya satu bangunan yang dibiarkan oleh Kesultanan Langkat pada saat lampau. Persisnya ada di Kota Tanjung Pura, 100 Km dari Kota Medan. Masjid Azizi terdapat di jalan lintas kota yang menghubungkan Kota Medan serta Kota Banda Aceh.

Kesultanan Langkat sendiri sempat juga meraih waktu keemasannya sampai jadi satu kesultanan yang cukuplah disegani di semua pulau Sumatera. Salah satunya bukti kejayaannya ialah bangunan Masjid Azizi ini yang telah dibuat dengan megah oleh Sultan Langkat Haji Musa pada tahun 1899. Pembangunannya memerlukan waktu 3 tahun, tuntas serta diresmikan oleh Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah, Putra dari Sultan Lankat, pada tanggal 13 Juni 1902 Masehi. Kemegahan masjid ini bahkan jadikan menjadi referensi oleh pihak Malaysia dalam bangun Masjid Zahir di Kedah. Tidak bingung bila sekarang ini bila kita banding ke-2 masjid itu mempunyai keserupaan yang besar sekali.

Kesultanan Langkat bahkan melahirkan satu figur putra terunggul bangsa, Alm. Prof. Ing. H. Muhammad Immaduddin Abdurahim, atau biasa diketahui dengan Bang Imad. Beliau adalah tokoh di balik berdirinya ICMI serta Bank Muamalat Indonesia. Diluar itu, beliau pun jadi salah satunya Guru Besar Tehnik Elektro ITB sekaligus juga Penasehat Kepresidenan pada saat B.J Habibie, hingga memperoleh titel menjadi Pahlawan Nasional.

Masjid Azizi

Sejarah Masjid Azizi Kesultanan Langkat

Masjid Azizi dibangun di atas tempat dengan luas seputar 18.000 mtr. persegi, pembangunannya adalah pendapat dari Syekh Wahab Babussalam pada Sultan Musa Al-Muazzamsyah sebagai pemimpin pemerintahan Kesultanan Langkat pada saat itu. Pembangunan masjid diawali pada tahun 1899 Masehi, atau seputar 149 tahun usia Kesultanan Langkat pada saat itu.

Sebelum pembangunan tuntas dikerjakan, Sultan Musa Meninggal dunia, lalu pembangunan dilanjutkan oleh Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah yang disebut putra beliau. Rancang Seni Bangunan Masjid Azizi ini diatasi oleh seseorang arsitek berkebangsaan Jerman, sedang beberapa pekerjanya datang dari beberapa etnis Tionghoa serta penduduk seputar Kesultanan Langkat. Lantas, bahan material bangunannya di Import dari daerah Penang Malaysia serta Singapura dengan memakai Kapal Laut Tanjungpura.

Masjid Azizi lalu tuntas serta diresmikan sendiri oleh Sultan Abdul Aziz Djalil Rachmat Syah, pada tanggal 12 Rabiul Awal 1320 Hijriyah atau 13 Juni 1902 Masehi. Pembangunan masjid ini habiskan dana seputar 200.000 Ringgit, lalu dinamakan sama dengan nama Sultan Abdul Aziz.

Kecerdikan Sultan Abdul Aziz pun tampak dari kombinasi bangunannya yakni menggabungkan keseluruhnya lima unsur kemampuan yakni kemampuan Umara (Pemimpin), Ulama, Cerdas serta Pintar (Zuamah), Kekayaan (Aghniyah) dan Kemampuan Do’a (Fukara).

Renovasi Masjid Azizi

Sejak masjid ini dibangun telah alami seringkali perbaikan, yang pertama-tama dikerjakan pada tahun 1927 dengan pembangunan menara majisd atas sumbangan dari Perkebunan Maskapai Deli May. Perbaikan selanjutnya bahkan juga dikerjakan seringkali, yakni pada tahun 1929, 1936 serta 1967. Perbaikan paling akhir dikerjakan pada tahun 1978 sampai 1991 dalam rencana Project Pembinaan serta Pemeliharaan Peninggalan Riwayat serta Purbakala didaerah Sumatera Utara. Saat beberapa perbaikan terkahir, dana yang dipakai untuk perbaikan sebagian besar datang dari swadaya penduduk yang perduli dengan peninggalan riwayat itu. Semenjak tahun 1991 sampai sekarang ini tidak pernah dikerjakan perbaikan kembali, mengingat bangunan masjid yang masih tetap berdiri kuat serta masih tetap tahan untuk beberapa puluh tahun depan.

Interior Masjid Azizi Langkat Sumatera Utara

Produsen Kubah Masjid Langkat, Sumatera Utara

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.

Buat Anda yang tengah mencari produsen kubah masjid Langkat Sumatera Utara, tak perlu bingung sebab PT Anugerah Kubah Indonesia ialah jalan keluar terunggul. Cukup hanya lakukan pemesanan, jadi semuanya yang terkait dengan pembangunan kubah akan dituntaskan sama dengan waktu yang dijanjikan.

error: Content is protected !!