Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Raya Al Aman Aek Kanopan di Labuhan Batu Utara

Masjid Raya Al Aman Aek Kanopan di Labuhan Batu Utara

Masjid Raya Al Aman Aek Kanopan

Masjid Raya Al Aman Aek kanopan ialah masjid raya kabupaten Labuhanbatu Utara, propinsi Sumatera Utara. Masjid ini ada di Desa Aek kanopan, kecamatan Kualuh Utara yang disebut ibukota kabupaten Labuhanbatu utara. Kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Labuhanbatu, diputuskan dengan UU RI Nomer 23 tanggal 21 Juli 2008 serta memutuskan hari jadinya pada tanggal 15 Januari 2009.

Jika dilihat dari hawa, daerah kabupaten Labuhanbatu Utara ini terlihat seperti lukisan indah streogram yang tercipta dari bentangan kebun kebun kelapa sawit sebagai primadona penghasilan warga wilayah itu.

Masjid Raya Al Aman adalah pusat kegiatan ke islaman kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura). Tempat masjid ini ada di tempat yang begitu strategis di pusat kota Aek Kanopan. Tempatnya berdiri di pertigaan jalan linstas Sumatera dengan Jalan Gazali Sinaga, terpaut seputar 450 meter dari komplek kantor Bupati Labuhanbatu Utara yang ada di ruas jalan lintas sumatera.

Tempat masjid ini bersisihan dengan Terminal Bis Aek Kanopan serta menariknya Aek Kanopan ini, dari tata letak tempat ibadah-nya saja telah cukup untuk memvisualisasikan kerukunan kehidupan beragama di Labuhanbatu Utara ini begitu serasi.

Masjid ini berdekatan dengan komplek Koramil 01 Aek Kanopan, SMA Muhammadiyah 9 Kualuh Hulu, di jalan Gazali Sinaga, berseberangan dengan SDN 115468 Aek Kanopan, serta masih satu ruas jalan yang sama berdekatan dengan SMA Muhammadiyah ada Gereja HKBP Aek Kanopan. Masyarakat Labuhanbatu Utara di tahun 2015 keseluruhan 351.097 jiwa. Dengan tingkat kepadatan 98,32 jiwa/km2.

Penggalangan dana di Masjid Al Aman

Pada tanggal 19 Juli 2014 waktu lalu masjid ini jadi saksi tindakan kepedulian muslim Labuhanbatu Utara pada rakyat Palestina dengan tindakan penggalangan dana kemanusiaan buat rakyat Palestina.

Dalam peluang itu sukses disatukan dana sebesar Rp. 100 Juta Rupiah yang lalu diberikan oleh Bupati Labuhanbatu Utara H.Kharuddinsyah Sitorus SE atau biasa di panggil Haji Buyung, dibarengi Sekdakab Drs Edi Sampurna pada Kepala Cabang Bank Muamalat Aekkanopan, Bijaksana untuk diberikan pada rakyat Palestina lewat instansi baitul mal muamalat yang telah ditugaskan untuk mengurus bantuan-bantuan yang ditempatkan ke Palestina.

Pada musim mudik lebaran Mesjid Raya Al-Aman Aek Kanopan ini jadi satu diantara tempat persinggahan beberapa pemudik untuk melepas capek. Mesjid Al Aman menyiapkan posko peristirahatan buat beberapa pemudik, diluar itu sarana parkir yang luas dan teratak penambahan serta kaspet sejuk dibawah pohon begitu berguna buat pemudik yang akan beristirahat. Pemudik sekaligus manfaatkan waktu istirahat untuk shalat.

error: Content is protected !!