Skip to content
Home » Artikel Qoobah » Masjid Kristal Malaysia – Pakar Kubah Malaysia

Masjid Kristal Malaysia – Pakar Kubah Malaysia

Kemegahan Masjid Kristal Malaysia

Menjadi negara yang didominasi oleh bangsa melayu, Malaysia adalah salah satu diantaranya negara di lokasi Asia Tenggara yang sejumlah besar penduduknya memeluk agama Islam. Oleh karenanya, bukan perihal yang susah untuk menjumpai tempat beribadah umat Muslim itu di negara ini. Tidak cuma mempunyai manfaat menjadi tempat peribadatan buat Muslim, satu diantaranya masjid di negeri Jiran ini pula mempunyai nilai plus menjadi satu warisan Islam di Malaysia, yakni Masjid Kristal.

Fakta utama kenapa masjid kristal dinobatkan menjadi satu warisan peradaban Islam di negeri jiran yaitu sebab masjid ini jadi satu diantaranya tujuan wisata religi buat umat Islam, pentingnya di lokasi Asia Tenggara. Daya tarik lainnya yang membuat masjid ini unik karena pembangunannya dibikin seakan-akan mengapung serta dikelilingi satu danau. Pemandangan dari masjid ini sendiri menyediakan satu landscape yang pasti demikian indah.

Dengan sah, Masjid kristal Malaysia ini dibuka untuk jamaah umum pada tahun 2008 sesudah menelan proses 2 tahun pembuatan. Berdasar pada beberapa sumber yang didapatkan, pembangunan masjid itu menelan dana seputar USD 80 juta atau kira-kira sekitar 600 miliar.

Letak masjid ini sendiri dengan persis ada dalam suatu kota pesisir di lokasi Malaysia, yakni Kuala Terengganu. Tidak jauh dari tempat masjid, jamaah dapat juga berkunjung ke Taman Tamadun Islam, di mana ada beberapa tiruan masjid-masjid agung populer penjuru dunia disatukan.

Kemegahan Masjid Kristal Malaysia

Awal Mula Pemberian Nama Masjid Kristal

Ada satu bukti menarik dari masjid yang tidak sempat sepi dari jamaah itu. Walau masjid ini dinamai masjid kristal, tetapi tidak semua sisi dari masjid ini mengimplementasikan bahan kristal. Namun masjid ini memakai bahan kaca. Fakta penting kenapa beberapa orang yang mengatakan menjadi masjid kristal karena cahaya matahari yang memantul dari kaca membuatnya berkilauan bak kristal. Meskipun begitu, masjid ini masih tampak indah pada malam hari dengan kemilau lampunya.

Masjid ini akan demikian terlihat keindahannya pada siang hari, di mana daya tarik muncul dari bayangan masjid yang terpantul pada permukaan danau. Keindahan ini semakin lebih elok kembali bila pengunjung atau jamaah yang berwisata nikmati panorama sekalian mengelilingi pulau dengan perahu kapal. Ide yang membuatnya masih indah ialah lampu hias yang diletakkan di sekitar masjid.

Megahnya Interior Masjid Kristal Malaysia

Arsitektur Megah Nan Islami

Masjid yang mempunyai luas kira-kira 2.146 mtr. itu dapat menyimpan jamaah sampai sekitar 1.500 orang. Kemegahan masjid ini makin jelas tidak cuma sebab ukuran serta bahan kaca yang dipakai tetapi pula dari detil kecil yang dimilikinya. Dinding masjid yang sejumlah besar didominasi oleh warna putih dihiasi memakai kaca yang bertuliskan kaligrafi-kaligrafi Islami nan indah.

Hal-hal lain yang membuat kemegahan masjid ini elok hingga terlihat prima ada dari kubah-kubahnya. Kehadiran kubah-kubah megah masjid ini telah ada sejak tahun 2008. Ukuran luas kubahnya sendiri sampai 2.146 persegi. Keistemewaan kubah ini tampak dengan jelas baik disaksikan dari dalam masjid atau di luar terlalu jauh.

Kubah-kubah dari masjid kristal terbagi dalam 1 kubah utama memiliki ukuran terbesar serta tinggi menjulang dengan 5 kubah kecil yang terdapat di sekitar kubah utama. Diluar itu, ada empat menara tinggi menjulang di tiap-tiap pojok bangunan masjid. Kubah serta menara yang terbuat berbahan kaca itu akan tampak seperti bongkahan permata bila disaksikan dari jarak jauh.

error: Content is protected !!